Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 9 No. 4 (2024): November

Upaya Peningkatan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X.A SMAN 1 Suela Pada Materi Bakteri Melalui Pembelajaran Kooperatif Model STAD (Student Teams Achievement Division)

Nabila, Elva Elvina (Unknown)
Raksun, Ahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar biologi pada materi bakteri melalui pembelajaran kooperatif learning model STAD (Student Teams Achievement Division) bagi siswa kelas X.A SMAN 1 SUELA. Penelitian dilakukan selama satu bulan, subjek penelitian adalah siswa kelas X.A sebanyak 36 siswa yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) melalui pembelajaran kooperatif learning model STAD dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam hasil belajar biologi siswa setelah penerapan pembelajaran kooperatif learning model STAD. Pada kondisi awal rata-rata nilai siswa rendah dan tidak mencapai ketuntasan. Setelah siklus I, rata-rata nilai meningkat menjadi 80,20 dan ketuntasan belajar mencapai 72%. Pada siklus II seluruh siswa 100% mencapai ketuntasan belajar dengan rata-rata nilai 89,50. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif learning model Student Teams Achievement Division (STAD) terbukti dapat meningkatkan hasil belajar biologi pada materi bakteri bagi siswa kelas X.A SMAN 1 Suela Tahun Pelajaran 2024/2025.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...