Research in Science and Mathematics Education
Vol. 1 No. 01 (2024): RISEME APRIL 2024

Metode Pembelajaran yang Tepat untuk Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Sekolah Dasar

Punandari, Zenith (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Apr 2024

Abstract

Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi metode pembelajaran yang tepat dan efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa SD mengenai materi pembelajaran IPA. Selanjutnya, penelitian ini dapat digunakan untuk mengevaluasi dampak positif dari penerapan metode yang dilakukan terhadap motivasi belajar siswa, serta menyajikan beberapa rekomendasi yang dapat dimanfaatkan oleh guru dan stakeholder pendidikan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA di SD. Metode – Penelitian ini dibuat menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik studi literatur. Alat yang digunakan melibatkan analisis dokumen atau jurnal terkait materi pembelajaran IPA SD Temuan – Temuan penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran berbasis eksperimen dengan pendekatan kontekstual lebih efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep ilmiah siswa SD dibandingkan metode tradisional. Selain itu, metode ini juga memiliki dampak positif terhadap motivasi belajar siswa. Implikasi penelitian ini mencakup penerapan metode pembelajaran yang inovatif dan berorientasi pada kontekstual dalam pembelajaran IPA di SD. Keywords: IPA SD, Motivasi Belajar, Metode Pembelajaran

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

riseme

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Journal Research in Science and Mathematics Education is a forum for communicating scientific advances in Mathematics Education, Science Education, Physics Education, Biology education, and Chemistry Education. The journal emphasizes studies on innovative teaching methods, the integration of ...