Research in Science and Mathematics Education
Vol. 1 No. 01 (2024): RISEME APRIL 2024

Pengembangan E-LKPD IPA Berbasis Concept Cartoons Terintegrasi Keterampilan Proses Sains untuk Siswa Kelas VIII

Wibowo, Seto Ari (Unknown)
Saputro, Handoyo (Unknown)
Widyawati, Ani (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Apr 2024

Abstract

Tujuan - Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-LKPD IPA berbasis concept cartoon materi zat aditif dan adiktif yang layak digunakan dalam pembelajaran IPA serta teruji keterbacaan oleh peserta didik. Metode - Jenis Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Prosedur pengembangan e-LKPD menggunakan model 4-D (Four-D Model) yang dilakukan hanya sampai 3 tahap, yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), dan develop (pengembangan). Penilaian kelayakan produk e-LKPD IPA berbasis concept cartoons dilakukan oleh 4 validator yaitu 3 dosen MIPA dan 1 guru IPA, sedangkan penilaian respon peserta didik dilakukan oleh 19 peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan mengubah data kualitatif menjadi data kuantitatif sesuai pedoman skala likert. Temuan – Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-LKPD IPA berbasis concept cartoons yang dikembangkan dinyatakan “Sangat Layak” berdasarkan penilaian 4 validator yaitu 3 dosen MIPA dan 1 guru IPA diperoleh hasil skor rata-rata 142 dengan kriteria sangat baik. Hasil respon peserta didik diperoleh rata-rata skor 53,37 dengan kriteria “Sangat Setuju”. Berdasarkan hasil penilaian, maka disimpulkan bahwa e-LKPD IPA berbasis concept cartoons dinyatakan sangat layak dan sangat disetujui digunakan dalam pembelajaran IPA kelas VIII.  

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

riseme

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Journal Research in Science and Mathematics Education is a forum for communicating scientific advances in Mathematics Education, Science Education, Physics Education, Biology education, and Chemistry Education. The journal emphasizes studies on innovative teaching methods, the integration of ...