Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan
Vol.1, No.3, Maret 2016

KORELASI ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG PENGELOLAAN KELAS, HUBUNGAN TEMAN SEBAYA (PEER RELATIONSHIPS), DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI KECAMATAN SANANWETAN KOTA BLITAR

Ika Widya Pranandari (Mahasiswa Pendidikan Dasar Pascasarjana-Universitas Negeri Malang)
I Nyoman Sudana Degeng (Dosen Pendidikan Dasar Pascasarjana-Universitas Negeri Malang)
Fattah Hanurawan (Dosen Pendidikan Dasar Pascasarjana-Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2016

Abstract

In lessons, students perceptions about classroom management and peer relationships are things that affect student achievement. The purpose of research to examine the correlation between students perceptions about classroom management, peer relationships and student grade 4 achievement in SDN District of Sananwetan Kota Blitar. Data were collected using questionnaires and documentation of 251 students, were analyzed by using multiple regression analysis. Based on data analysis, shows that student learning outcomes correlated with students perceptions about classroom management and peer relationships.Dalam pembelajaran, persepsi siswa tentang pengelolaan kelas dan hubungan teman sebaya (peer relationships) merupakan hal yang memengaruhi hasil belajar siswa. Tujuan penelitian untuk menguji korelasi antara persepsi siswa tentang pengelolaan kelas, hubungan teman sebaya dengan hasil belajar siswa kelas IV SDN Kecamatan Sananwetan di Kota Blitar. Data dikumpulkan menggunakan angket dan dokumentasi dari 251 siswa, dianalisis dengan teknik analisis regresi ganda. Berdasarkan analisis data, menunjukkan bahwa hasil belajar siswa berkorelasi dengan persepsi siswa tentang pengelolaan kelas dan hubungan teman sebaya. 

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jptpp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan (Education Journal: Theory, Research, and Development) is an electronic journal focuses on a scientific article concerning education issues in general published by Graduate School of Universitas Negeri Malang since January ...