Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan
Vol.1, No.2, Februari 2016

PERANAN TPACK TERHADAP KEMAMPUAN MENYUSUN PERANGKAT PEMBELAJARAN CALON GURU FISIKA DALAM PEMBELAJARAN POST-PACK

Mar ’atus Sholihah (Mahasiswa Pendidikan Fisika Pascasarjana-Universitas Negeri Malang)
Lia Yuliati (Dosen Pendidikan Fisika Pascasarjana-Universitas Negeri Malang)
Wartono Wartono (Dosen Pendidikan Fisika Pascasarjana-Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2016

Abstract

The aim of this research is to study the role of TPACK toward the lesson plan designing ability. Subjects of this research are 19 prospective physics teachers that rolled in P3F class that taught with the POST-PACK learning model. Research design that researcher applied is mixed method embedded experimental model. Results of analysis data show that TPACK has important role and has strong influence toward the lesson plan designing ability. Besides that, results of this research show that the TPACK and the lesson plan designing ability of prospective physics teachers increased because the intervention.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan TPACK terhadap kemampuan menyusun perangkat pembelajaran. Subjek penelitian adalah sembilan belas calon guru fisika yang mengikuti perkuliahann P3F yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran POST-PACK. Desain penelitian yang digunakan adalah mixed method embedded experimental model. Hasil analisis menunjukkan bahwa TPACK memiliki peranan yang penting dan memiliki pengaruh yang kuat terhadap kemampuan menyusun perangkat pembelajaran. Selain itu, hasil penelitian menunjukkan bahwa TPACK dan kemampuan menyusun perangkat pembelajaran calon guru fisika mengalami peningkatan dikarenakan perlakuan yang diberikan.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jptpp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan (Education Journal: Theory, Research, and Development) is an electronic journal focuses on a scientific article concerning education issues in general published by Graduate School of Universitas Negeri Malang since January ...