Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan
Vol.1, No.7, Juli 2016

PENGARUH PENGGUNAAN MODUL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Efi Nilasari (Mahasiswa Pendidikan Dasar Pascasarjana-Universitas Negeri Malang)
Ery Try Djatmika (Dosen Pendidikan Dasar Pascasarjana-Universitas Negeri Malang)
Anang Santoso (Dosen Pendidikan Dasar Pascasarjana-Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2016

Abstract

The objective of this study to determine the effect of contextual learning moduls use student achievement of students in grade V in charge of thematic material in SD Muhammadiyah 9 Malang. The type of research is a quasi-experimental design in nonequivalent control group design. Subjects of research were 42 students of grade V. The instrument used is a multiple choice in 10 itemss. The analysis using data independent T test aided IBM SPSS 21. The results of this study show the influence of contextual learning module on learning outcomes of students in grade V in charge thematic.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan modul pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar siswa kelas V pada muatan materi tematik di SD Muhammadiyah 9 Malang. Jenis penelitian ini yaitu kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Subjek penelitian berjumlah 42 orang siswa kelas V. Instrument yang digunakan yaitu tes pilihan ganda yang berjumlah 10 butir. Analisis data yang digunakan menggunakan uji T independent berbantuan IBM SPSS 21. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh modul pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar siswa kelas V pada muatan tematik. 

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jptpp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan (Education Journal: Theory, Research, and Development) is an electronic journal focuses on a scientific article concerning education issues in general published by Graduate School of Universitas Negeri Malang since January ...