Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan
Vol.1, No.3, Maret 2016

PENGEMBANGAN ASESMEN PENUGASAN MENULIS TEKS EKPOSISI DENGAN RANGSANGAN MASALAH AUTENTIK

Angla Florensy Sauhenda (Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia Pascasarjana-Universitas Negeri Malang)
Titik Harsiati (Dosen Pendidikan Bahasa Indonesia Pascasarjana-Universitas Negeri Malang)
Martutik Martutik (Dosen Pendidikan Bahasa Indonesia Pascasarjana-Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2016

Abstract

Assessment is a process to obtain and collect information about student learning outcomes. Based on observations found that the teacher can not compile an assessment assignment writing text exposition properly and appropriately. The purpose of this study is to develop an assessment assignment to write an exposition with an authentic problem stimulus. Research and development methods used in this research is the development model R2D2. The results showed that the assessment of assignment writing text stimuli exposition with authentic problems that developed is feasible to be implemented in the instructional text exposition. Asesmen merupakan suatu proses untuk memperoleh dan mengumpulkan informasi tentang hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil observasi ditemukan bahwa guru tidak dapat menyusun asesmen penugasan menulis teks eksposisi dengan baik dan tepat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan asesmen penugasan menulis eksposisi dengan rangsangan masalah autentik. Metode penelitian dan pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan model pengembangan R2D2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa asesmen penugasan menulis teks eksposisi dengan rangsangan masalah autentik yang dikembangkan ini layak untuk diimplementasikan dalam pembelajaran menulis teks eksposisi.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jptpp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan (Education Journal: Theory, Research, and Development) is an electronic journal focuses on a scientific article concerning education issues in general published by Graduate School of Universitas Negeri Malang since January ...