Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan
Vol.1, No.4, April 2016

PENGEMBANGAN BAHAN PELATIHAN MENULIS CERITA PENDEK BERMUATAN NILAI KARAKTER UNTUK GURU SMP NEGERI MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SE-KOTA KUPANG

Elfira Sonia Soli Kette (Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia Pascasarjana-Universitas Negeri Malang)
Yuni Pratiwi (Dosen Pendidikan Bahasa Indonesia Pascasarjana-Universitas Negeri Malang)
Sunoto Sunoto (Dosen Pendidikan Bahasa Indonesia Pascasarjana-Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2016

Abstract

Research and development aims to produce product in the form of short story training materials with character value for junior high school teachers in Bahasa subject. Used Borg and Gall model as a model for develop training materials, by adaptation eight steps of this model. The results of validation and testing shows that the product decent to be implemented to improve teacher competence in writing short stories with character value.Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk berupa bahan pelatihan menulis cerita pendek bermuatan nilai karakter untuk guru SMP mata pelajaran bahasa Indonesia. Model yang digunakan dalam pengembangan bahan pelatihan ini adalah model Borg dan Gall dengan mengadaptasi delapan langkah dalam pengembangannya. Hasil validasi dan uji produk menunjukkan bahwa produk layak untuk diimplementasikan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menulis cerita pendek bermuatan nilai karakter. 

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jptpp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan (Education Journal: Theory, Research, and Development) is an electronic journal focuses on a scientific article concerning education issues in general published by Graduate School of Universitas Negeri Malang since January ...