Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan
Vol.1, No.2, Februari 2016

PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS OUTDOOR STUDY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IIS SMA

Galuh Maulidiyahwarti (Mahasiswa Pendidikan Geografi Pascasarjana-Universitas Negeri Malang)
Sumarmi Sumarmi (Dosen Pendidikan Geografi Pascasarjana-Universitas Negeri Malang)
Ach. Amirudin (Dosen Pendidikan Geografi Pascasarjana-Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2016

Abstract

The purpose of this study is to find out the effect of Problem Based Learning with Outdoor Study to learning outcome on grade XI IIS. This research is quasi experiment in SMA Negeri 1 Lawang, Malang with XI IS 5 as experiment class and XI IS 2 as control class. The result of this research shows that Problem Based Learning with Outdoor Study influences learning outcome with significance rate 0,031 by independent sample t-test on SPSS 17.0 for Windows.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Problem Based Learning berbasis Outdoor Study terhadap hasil belajar siswa kelas XI IIS. Penelitian ini merupakan eksperimen semu yang dilakukan di SMA Negeri 1 Lawang Kabupaten Malang dengan kelas XI IS 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IS 2 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Problem Based Learning berbasis Outdoor Study berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan nilai signifikansi 0,031. Uji hipotesis dilakukan dengan independent sample t-test melalui program SPSS 17.0 for Windows. 

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jptpp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan (Education Journal: Theory, Research, and Development) is an electronic journal focuses on a scientific article concerning education issues in general published by Graduate School of Universitas Negeri Malang since January ...