Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pelajaran Bahasa Indonesia yang berfokus pada pemahaman siswa terkait materi cuaca dengan menggunakan model pembelajaran Total Physical Response (TPR).Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang di lakukan dalam dua siklus.Setiap siklus di bagi menjadi dua pertemuan.Subjek penelitian adalah siswa kelas III MI Muhammadiyah Karangsari pada semester Ganjil tahun ajaran 2023/2024 yang terdiri dari 10 siswa.Berdasarkan analisis hasil tes deskriptif kuantitatif,pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran ini terbukti telah meningkatkan hasil belajar siswa kelas III.Hasil pretest sebesar 10% pada prasiklus dan mengalami peningkatan menjadi 64 pada siklus I kemudian mengalami peningkatan lagi menjadi 79,4 pada siklus II.Kenaikan hasil belajar ini juga di iringi dengan peningkatan jumlah peserta didik yang mencapai KKM 70 yaitu 3 orang ( 30% ) pada siklus I,menjadi 8 orang (80%) pada siklus II.Berdasarkan hasil yang telah di capai,dapat di simpulkan bahwa model pembelajaran Total Physical Response (TPR) dapat diterpkan dalam pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar,khususnya berkaitan dengan materi cuaca.
Copyrights © 2024