Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara
Vol. 1 No. 5 (2024): OKTOBER-NOVEMBER 2024

PERAN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM MENINGKATKAN KEPEDULIAN SOSIAL SISWA

Anton, Anton (Unknown)
Leni Latifah Alfauziyyah (Unknown)
Nida Dhiaul Aulia (Unknown)
Intan Nurul Hikmah (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji sejauh mana pendidikan multikultural dapat meningkatkan kepedulian sosial siswa dan mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi implementasinya. Melalui studi pustaka, ditemukan bahwa pendidikan multikultural berperan signifikan dalam membentuk individu yang toleran, empatik, dan memiliki kesadaran sosial yang tinggi. Siswa yang mengikuti program pendidikan multikultural cenderung lebih peduli terhadap keberagaman, memiliki keterampilan sosial yang baik, dan mampu berkolaborasi dengan teman sebaya dari latar belakang yang berbeda. Peran guru sebagai fasilitator dan penggunaan metode pembelajaran yang inklusif menjadi kunci keberhasilan implementasi pendidikan multikultural. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan multikultural tidak hanya penting untuk individu, tetapi juga berkontribusi dalam membangun masyarakat yang lebih harmonis dan inklusif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jicn

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara (JICN) adalah Jurnal Multi Disiplin Semua Bidang Ilmu sebuah publikasi yang melayani sebagai wadah bagi penelitian interdisipliner dan kolaboratif di berbagai bidang ilmu. Jurnal ini memperoleh keunggulan dengan mencakup berbagai disiplin ilmu, seperti ilmu ...