Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara
Vol. 1 No. 6 (2024): Desember 2024 - Januari 2025

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran True Or False               Di Kelas III MI Mojosari

Nurtitara Dewi Rachmawati (PGMI, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Sains Al- Qur’an Wonosobo, Jawa Tengah)
Nasokah (PGMI, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Sains Al- Qur’an Wonosobo, Jawa Tengah)
Rifqi Aulia Rahman (PBA,Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Sains Al- Qur’an Wonosobo, Jawa Tengah)



Article Info

Publish Date
08 Dec 2024

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk (1) Menganalisis bagaimana peningkatan hasil belajar siswa pada siswa kelas III MI Mojosari setelah diterapkan Metode pembelajaran True Or False. (2) Untuk mengetahui apakah penggunaan Metode pembelajaran True Or False dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi bahasa inggris kelas III MI Mojosari. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi.  Subjek penelitiannya adalah siswa III B MI Mojosari yang berjumlah 34 siswa. Pemberian tes dilakukan sebanyak 2 kali dengan bentuk soal uraian, tes pertama untuk melihat pemahaman siswa terhadap pembelajaran bahasa inggris tentang materi Characteristic of Living Thing sedangkan tes kedua untuk melihat pemamaham siswa terhadap pembelajaran bahasa inggris tentang materi Benefit Of Plant. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan metode True Or False dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa inggris dari siklus I ke siklus II. Proses kegiatan pembelajaran siklus I menghasilkan peningkatan daripada pra silkus dimana hanya 26% siswa yang mencapai ketuntasan klasikal, yang lebih rendah dari target yang diharapkan yaitu 75%. Pada silkus 1 terlihat presentase nilai hasil belajar siswa kelas III B yang mencapai 41% atau 14 siswa belum tuntas. Sementara, 59% siswa telah tuntas atau melebihi KKM, dengan 20 siswa mencapai pencapaian tersebut. Kemudian pada siklus II, hasil belajar siswa meningkat lebih baik dari siklus I dapat terlihat bahwa 82% atau 28 siswa memiliki hasil belajar yang baik, sedangkan 18% atau 6 siswa memiliki hasil belajar yang kurang. Menurut pendapat siswa setelah menerapkan metode pembelajaran True Or False dalam pelajaran bahasa Inggris. Siswa menjadi lebih bersemangat, kelas terasa menyenangkan dan tidak membosankan seperti pembelajaran sebelumnya. Penerapan PTK di MI Mojosari dinilai cukup baik karena berhasil meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Inggris, terbukti dengan adanya peningkatan nilai rata-rata siswa dan perbaikan perilaku mereka di sekolah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jicn

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara (JICN) adalah Jurnal Multi Disiplin Semua Bidang Ilmu sebuah publikasi yang melayani sebagai wadah bagi penelitian interdisipliner dan kolaboratif di berbagai bidang ilmu. Jurnal ini memperoleh keunggulan dengan mencakup berbagai disiplin ilmu, seperti ilmu ...