Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan rendahnya minat dan pemahaman siswa dalam mempelajari pronouns bahasa Inggris. Sebagai solusi, media pembelajaran berbasis game interaktif dikembangkan untuk memberikan pengalaman belajar yang lebih menarik dan menyenangkan. Game ini dirancang menggunakan Construct 2.0, IbisPaint, dan Canva Premium, dan dilengkapi dengan visual dan audio yang menarik serta navigasi yang mudah dipahami. Metode penelitian melibatkan observasi dan kuesioner kepada siswa kelas 5 di UPT SDN 12 Sumber Tani untuk mengukur efektivitas dan penerimaan media ini. Berdasarkan hasil kuesioner, mayoritas siswa menyatakan lebih termotivasi dan merasa lebih mudah memahami materi pronouns melalui game ini dibandingkan metode konvensional. Penelitian ini menyimpulkan bahwa media game interaktif dapat menjadi alternatif efektif dalam pembelajaran bahasa Inggris, khususnya untuk topik pronouns, di tingkat sekolah dasar.
Copyrights © 2024