RECORD Journal of Loyality and Community Development
Vol. 1 No. 3 (2024): September - December 2024

VISUALISASI PENGENALAN 10 PRONOUNS MELALUI MEDIA GAME INTERAKTIF KELAS 5 DI UPT SDN 12 SUMBER TANI DENGAN HTML 5 DI CONSTRUCT 2

Rizka Maulida Akbar (Politeknik Negeri Medan, Indonesia)
Orli Binta Tumanggor (Politeknik Negeri Medan, Indonesia)
Andi Supriadi Chan (Politeknik Negeri Medan, Indonesia)
Yulia Fatmi (Politeknik Negeri Medan, Indonesia)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan rendahnya minat dan pemahaman siswa dalam mempelajari pronouns bahasa Inggris. Sebagai solusi, media pembelajaran berbasis game interaktif dikembangkan untuk memberikan pengalaman belajar yang lebih menarik dan menyenangkan. Game ini dirancang menggunakan Construct 2.0, IbisPaint, dan Canva Premium, dan dilengkapi dengan visual dan audio yang menarik serta navigasi yang mudah dipahami. Metode penelitian melibatkan observasi dan kuesioner kepada siswa kelas 5 di UPT SDN 12 Sumber Tani untuk mengukur efektivitas dan penerimaan media ini. Berdasarkan hasil kuesioner, mayoritas siswa menyatakan lebih termotivasi dan merasa lebih mudah memahami materi pronouns melalui game ini dibandingkan metode konvensional. Penelitian ini menyimpulkan bahwa media game interaktif dapat menjadi alternatif efektif dalam pembelajaran bahasa Inggris, khususnya untuk topik pronouns, di tingkat sekolah dasar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

record

Publisher

Subject

Religion Agriculture, Biological Sciences & Forestry Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Economics, Econometrics & Finance Industrial & Manufacturing Engineering

Description

RECORD : Journal of Loyality and Community Development is a multidisciplinary, peer-reviewed publication dedicated to advancing research and knowledge at the intersection of technology and community development. This journal serves as a platform for academics, practitioners, policymakers, and ...