Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini bertujuan untuk mengungkapkan optimalisasi supervisi akademik pendekatan kolaboratif guna meningkatkan kompetensi guru kelas I dan IV dalam menyusun RPP dalam proses pembelajaran saintifik pada guru sekolah binaan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Subyek penelitian adalah guru penganpu guru kelas IV sekolah binaan Kecamatan Ngaglik berjumlah dari tiga sekolah terdiri dari 8 orang guru perempuan, dilakukan 2 siklus dengan alur: penentuan masalah, perencanaan, tindakan dan pengamatan, refleksi. Data penelitian diperoleh melalui angket, observasi, dokumentasi, dan catatan. Analisis data dilakukan secara diskriptif, baik kualitatif maupun kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi guru dalam pembelajaran saintifik meningkat. Hal itu nampak dalam perolehan hasil dari pra silkus dari pencermatan RPP rata-ratanya adalah baru 34,02 %, pada siklus 1 perolehan hasil 67,17% dan pada siklus 2 perolehan hasil 86,75%. Hasil dari pengamatan proses saintifik adalah dari pra siklus 57,5%, siklus I 73,75%, 88,12%, Kata kunci: Supervisi Akademik, Pendekatan Kolaboratif, Kompetensi  
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018