Jurnal Sosialita: Jurnal Kajian Sosial dan Pendidikan
Vol. 10 No. 1 (2018): Jurnal Sosialita

PENINGKATAN KINERJA GUGUS SEKOLAH MELALUI STRATEGIC THINK, SHARE & ACTION (TSA)

Poniman, Poniman (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 May 2020

Abstract

enelitian terhadap kinerja gugus ini difokuskan pada manajemen gugus yang menurut instrumen dari Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah, terdiri dari aspek perencanaan, pelaksanaan, transparansi dan evaluasi-pelaporan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kinerja gugus sekolah melalui Strategic Think, Share & Action (TSA). Pada metode penelitian, sebagai subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru dan stakeholder yang ada di Gugus Gatutkaca Kecamatan Bagelen. Penelitian tindakan ini menggunakan Siklus I dan II yang masing-masing siklus terdapat alur perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian dilaksanakan bulan Juli 2017 sampai 30 Desember 2017. Dari hasil siklus I terdapat kenaikan kinerja gugus dari kondisi awal, yaitu dari 33,6 % (katagori kurang) menjadi 46,4 % (katagori cukup). Demikian juga untuk siklus II ada kenaikan dibanding siklus I, dari 46,4 % meningkat menjadi 64,8 % (katagori baik). Penggunaan strategi TSA mampu meningkatkan skor kinerja gugus untuk manajemen gugus dari kondisi awal 33,6 (katagori kurang) menjadi 64,8% (katagori baik). Kata kunci : Think, Share & Action, peningkatan, kinerja gugus

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

sosialita

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal ini menerbitkan artikel asli tentang isu-isu terbaru dan tren yang terjadi secara nasional maupun internasional dalam pembelajaran pendidikan IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial). Fokus dan ruang lingkup jurnal ini adalah: 1. Hasil penelitian praksis Pendidikan IPS (integrasi): Inovasi pembelajaran ...