Jurnal Sosialita: Jurnal Kajian Sosial dan Pendidikan
Vol. 10 No. 1 (2018): Jurnal Sosialita

PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM PEMBELAJARAN AKTIF KREATIF EFEKTIF DAN MENYENANGKAN MELALUI KEGIATAN SUPERVISI KLINIS

Suyono, Suyono (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 May 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan pendekatan pembelajaran aktif kreatif efektif dan menyenangkan di gugus WR Supratman UPT Dikpora Kecamatan Kaligesing melalui kegiatan supervisi klinis. Penelitian ini menggunakan bentuk penelitian tindakan sekolah yang dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus, dilaksanakan di WR Supratman dengan subjek penelitian guru SD di WR Supratman Tahun Pelajaran 2016/2017 dengan jumlah 8 guru. Analisis data menggunakan analisis deskriptif komparatif. Dari kondisi awal guru yang belum mampu melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan PAKEM adalah 8 orang. Pada kondisi akhir siklus II menjadi yang masuk predikat Baik ada 75 %, dan yang amat baik 25%. Jadi dapat disimpulkan bahwa melalui supervisi klinis dapat meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran aktif kreatif efektif dan menyenangkan di wilayah Gugus WR Supratmn Tahun Pelajaran 2016/2017. Kata kunci: kemampuan guru, pendekatan PAKEM, supervisi klinis.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

sosialita

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal ini menerbitkan artikel asli tentang isu-isu terbaru dan tren yang terjadi secara nasional maupun internasional dalam pembelajaran pendidikan IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial). Fokus dan ruang lingkup jurnal ini adalah: 1. Hasil penelitian praksis Pendidikan IPS (integrasi): Inovasi pembelajaran ...