Jurnal Sosialita: Jurnal Kajian Sosial dan Pendidikan
Vol. 10 No. 2 (2018): Jurnal Sosialita

IMPLEMENTASI PEMBINAAN STRATEGI DRTA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS MENGAJAR MEMBACA

Uripto, Uripto (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan pengajaran guru, minat belajar siswa, dan keterampilan membaca siswa kelas 1 Sekolah Dasar Se Gugus Ontorejo melalui strategi DRTA dengan media flashcard. Metode penelitian ini adalah dengan penelitian tindakan (action research) yang dilaksanakan dengan dua siklus. Subyek penelitian ini adalah Guru Kelas gugus Ontorejo Kecamatan Bagelen Kabupaten Purworejo. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Tehnik pengumpulan data melalui tehnik observasi dan wawancara. Tehnik yang digunakan dalam menganalisis data menggunakan tehnik analisis deskriptif komparatif. Melalui hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi DRTA (Directed Reading Thinking Activity) dengan media Flashcard memiliki dampak positif dalam meningkatkan Kinerja Guru. Ketuntasan belajar meningkat dari siklus I dan siklus II yaitu 60,00% dan 88,00%. Kinerja Guru meningkat ditunjukkan dengan nilai rata-rata siswa pada setiap siklus yang terus mengalami peningkatan. Simpulan penelitian ini adalah melalui strategi DRTA dengan media flashcard dapat meningkatkan keterampilan pengajaran guru, minat belajar siswa, dan keterampilan membaca siswa. Kata Kunci: Pembinaan, strategi DRTA, kualitas mengajar

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

sosialita

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal ini menerbitkan artikel asli tentang isu-isu terbaru dan tren yang terjadi secara nasional maupun internasional dalam pembelajaran pendidikan IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial). Fokus dan ruang lingkup jurnal ini adalah: 1. Hasil penelitian praksis Pendidikan IPS (integrasi): Inovasi pembelajaran ...