Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan pengajaran guru, minat belajar siswa, dan keterampilan membaca siswa kelas 1 Sekolah Dasar Se Gugus Ontorejo melalui strategi DRTA dengan media flashcard. Metode penelitian ini adalah dengan penelitian tindakan (action research) yang dilaksanakan dengan dua siklus. Subyek penelitian ini adalah Guru Kelas gugus Ontorejo Kecamatan Bagelen Kabupaten Purworejo. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Tehnik pengumpulan data melalui tehnik observasi dan wawancara. Tehnik yang digunakan dalam menganalisis data menggunakan tehnik analisis deskriptif komparatif. Melalui hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi DRTA (Directed Reading Thinking Activity) dengan media Flashcard memiliki dampak positif dalam meningkatkan Kinerja Guru. Ketuntasan belajar meningkat dari siklus I dan siklus II yaitu 60,00% dan 88,00%. Kinerja Guru meningkat ditunjukkan dengan nilai rata-rata siswa pada setiap siklus yang terus mengalami peningkatan. Simpulan penelitian ini adalah melalui strategi DRTA dengan media flashcard dapat meningkatkan keterampilan pengajaran guru, minat belajar siswa, dan keterampilan membaca siswa. Kata Kunci: Pembinaan, strategi DRTA, kualitas mengajar
Copyrights © 2018