Jurnal Sosialita: Jurnal Kajian Sosial dan Pendidikan
Vol. 11 No. 1 (2019): Jurnal Sosialita

MODEL PERKADERAN ULAMA DI PENDIDIKAN ULAMA TARJIH MUHAMMADIYA

Salim, Agus (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk melacak hal-hal yang melatarbelakangi berdirinya Pendidikan Ulama Tarjih Muhammadiyah (PUTM), 2) mengetahui dan memahami sistem perkaderan ulama di PUTM putera dan puteri, dan 3) mengetahui kendala yang dihadapi oleh PUTM Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif analitik. Adapun hasil penelitian tesis ini adalah pertama, latar belakang berdirinya PUTM Yogyakarta adalah 1) semakin langkanya ulama di lingkungan Muhammadiyah, 2) Keprihatinan dengan banyaknya ulama, terutama di kalangan Muhammadiyah, yang sudah udzur, dan 3) Generasi muda Muhammadiyah miskin pengetahuan dalam penguasaan kitab-kitab berbahasa Arab. Kedua, model perkaderan ulama di PUTM ada dua macam, yaitu perkaderan utama: Baitul Arqam, dan perkaderan fungsional: sekolah kader. Sedangkan model pembinaan kadernya adalah pembinaan ruhiyah, dakwah, dan ilmiyah serta model pengabdian pasca pendidikan. Ketiga, ada beberapa kendala yang dihadapi dalam penyelengaraan model perkaderan ulama Muhammadiyah, yaitu fasilitas, keuangan, dosen, input thalabah, dan pembinaan thalabah yang belum maksimal dan integratif. Kata kunci: Ulama, Muhammadiyah, PUTM, Perkaderan

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

sosialita

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal ini menerbitkan artikel asli tentang isu-isu terbaru dan tren yang terjadi secara nasional maupun internasional dalam pembelajaran pendidikan IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial). Fokus dan ruang lingkup jurnal ini adalah: 1. Hasil penelitian praksis Pendidikan IPS (integrasi): Inovasi pembelajaran ...