Jurnal Sosialita: Jurnal Kajian Sosial dan Pendidikan
Vol. 11 No. 1 (2019): Jurnal Sosialita

UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM PEMBELAJARAN SAINS DENGAN MODEL BERFIKIR MENULIS DAN DISKUSI MELALUI GURU MODEL

Junaedi, Junaedi (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2020

Abstract

Pengetahuan sains diperlukan dalam kehidupan sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan manusia melalui pemecahan masalah-masalah yang dapat diidentifikasikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat siswa pada pembelajaran sains, dan meningkatkan kreativitas dalam berfikir kritis, berkarya dan berkomunikasi pada pembelajaran sains. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah yang dilaksanakan dua siklus. Tempat penelitian yaitu gugus Kresna PPK kecamatan Loano. Subjek dalam penelitian ini adalah guru-guru kelas IV,V,VI sejumlah 15 orang. Objek penelitian adalah kompetensi guru dalam pembelajaran sains. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan tes formatif. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualititatif. Berdasarkan tindakan penelitian sekolah diperoleh kesimpulan bahwa Pembelajaran dengan menggunakan model BMD memiliki dampak positif dalam meningkatkan Kinerja Guru kelas yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan hasil mengajar dalam setiap siklus. Penerapan metode pembelajaran BMD mempunyai pengaruh positif dapat meningkatkan motivasi guru. Kata Kunci : Kompetensi Guru, Pembelajaran Sains, Model BMD

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

sosialita

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal ini menerbitkan artikel asli tentang isu-isu terbaru dan tren yang terjadi secara nasional maupun internasional dalam pembelajaran pendidikan IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial). Fokus dan ruang lingkup jurnal ini adalah: 1. Hasil penelitian praksis Pendidikan IPS (integrasi): Inovasi pembelajaran ...