Jurnal Sosialita: Jurnal Kajian Sosial dan Pendidikan
Vol. 11 No. 1 (2019): Jurnal Sosialita

PENGARUH GAYA BELAJAR, PERHATIAN ORANG TUA, DAN PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN TERHADAP MINAT BELAJAR IPS

Lestariningsih, Yuni (Unknown)
Sunarti, Sunarti (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2020

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya belajar, perhatian orang tua, dan pemanfaatan perpustakaan terhadap minat belajar IPS baik secara parsial maupun simultan terhadap minat belajar. Penelitian menggunakan pendekatan expost facto. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif, uji hipotesis menggunakan regresi berganda.Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa gaya belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat belajardengan nilai signifikansi 0,024, perhatian orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat belajar dengan nilai signifikansi 0,002, pemanfaatan perpustakaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat belajar dengan nilai signifikansi 0,000, gaya belajar, perhatian orang tua, dan pemanfaatan perpustakaan secara bersama-sama juga berpengaruf positif dan signifikan terhadap minat belajar dengan nilai dengan nilai R = 0,580; R2 = 0,336; F hitung 24,946; signifikansi 0,000. Kata Kunci: gaya belajar, perhatian orang tua, pemanfaatan perpustakaaan, minat belajar IPS

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

sosialita

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal ini menerbitkan artikel asli tentang isu-isu terbaru dan tren yang terjadi secara nasional maupun internasional dalam pembelajaran pendidikan IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial). Fokus dan ruang lingkup jurnal ini adalah: 1. Hasil penelitian praksis Pendidikan IPS (integrasi): Inovasi pembelajaran ...