Penelitian ini didasarkan pada adanya permasalahan yaitu kemampuan sebagian siswa dalam membaca Al-Quran masih rendah dibuktikan dengan nilai yang masih dibawah KKM, juga ditandai dengan siswa-siswanya ada yang masih belum bisa membaca Al-Quran dengan baik, tidak bisa membedakan huruf-huruf hijaiyah sehingga pelafalannya dan pengucapannya pun masih salah, siswa kurang memahami tajwid, waqaf, maupun makharijul hurufnya. Penyebab dari fenomena diatas yaitu guru masih belum memberikan metode yang tepat. Banyak sekali metode pembelajaran yang dapat digunakan guru, salahsatunya adalah metode Yanbu’a. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pelaksanaan penggunaan metode Yanbu’a terhadap kemampuan membaca dan menulis Al-Quran siswa, (2) kemampuan membaca dan menulis Al-Quran siswa setelah mendapat pembelajaran menggunakan metode Yanbu’a, dan (3) pengaruh penggunaan metode Yanbu’a terhadap kemampuan membaca dan menulis Al-Quran siswa. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa kemampuan membaca dan menulis Al-Quran dipengaruhi oleh banyak factor. Salah satunya metode yang tepat, termasuk metode Yanbu’a. Atas dasar itu peneliti memilih metode Yanbu’a untuk memudahkan peserta didik dalam membaca Al-Quran sehingga terhindar dari kesalahan-kesalahan dasar atau pokok yang dianggap fatal. Berdasarkan analisis yang dilakukan tingkat keberhasilan kelas ekperimen lebih mendominan meningkat dibandingkan kelas kontrol hasil tersebut dapat dilihat melalui nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 76,53 di bandingkan pada kelas kontrol yaitu 70.19. Dengan demikian penelitian ini menunjukkan melalui hasil hipotesis bahwasanya metode yanbua terhadap peningkatan kemampuan membaca dan menulis kelas ekperimen bersignifikan 000 0,05 maka dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima (terdapat pengaruh yang signifikan). Adapun membaca dan menulis Al-Quran semangkin meningkat dibanding sebelum menggunakan metode yanbu’a.
Copyrights © 2023