Tadris: Manajemen Pendidikan Islam
Vol. 1 No. 1 (2022): Tadris : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam

MODEL TUDANG SIPULUNG DALAM MENGENDALIKAN PERILAKU DAN KEPERCAYAAN MAHASISWA

Yunus (Unknown)
Endah Mawarny (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2022

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menggali konsep pendidikan dengan model tudassipulung (duduk bersama). Hal dilihat dari penilaian 5 (lima) aspek yaitu sikap, minat, konsep diri, nilai, dan moral dengan 5 tingkatan, yaitu: a) receiving, pada tingkat receiving atau attending, diketahui dengan adanya beberapa indikator yaitu kesadaran, keinginan menerima, perhatian yang terkontrol dan terseleksi pada diri peserta didik; b) responding, pada tingkat responding ini diketahui dengan adanya beberapa indikator yaitu adanya pemerolehan respon, keinginan untuk merespon, dan kepuasan dalam memberi respon dalam diri peserta; c) valuing, tahap ini terkait dengan penentuan nilai dan sikap yang menunjukkan komitmen mahasiswa; d) organization, pada tingkatan mahasiswa mulai membuat konseptualisasi nilai dan organisasi sistem nilai yang konsisten; dan e) characterization, tahap ini merupakan tahap tertinggi dalam penilaian afektif, dimana mahasiswa memiliki dua poin penting, yaitu sistem nilai yang mengendalikan perilaku dan kepercayaan, ide, dan perilaku yang terintegrasi dalam totalitas pandangan hidupnya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Tadris

Publisher

Subject

Education Other

Description

Tadris: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam adalah jurnal yang diterbitkan oleh Universitas Pamulang dengan ISSN 2829-4947 (Print) dan dapat diakses secara daring di https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Tadris dengan e-ISSN 3064-3376. Jurnal ini memfokuskan pada publikasi hasil penelitian dan ...