Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 4 No. 6 (2024): Innovative: Journal Of Social Science Research

Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Pada Materi Pythagoras Berdasarkan Teori Newman: indonesia

Azmi, Nadya (Unknown)
Ginting, Noventa (Unknown)
Hadriana, Syalaisha Dwi (Unknown)
Fauzi, Kms. Muhammad Amin (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kesalahan yang dilakukan siswa ketika menyelesaikan masalah matematika dalam soal cerita yang berkaitan dengan Teorema Pythagoras, berdasarkan teori Newman.​ ​Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan subjek penelitian 30 siswa kelas IX-A MTs Al Faiz yang dipilih melalui teknik systematic random sampling.​ Data dikumpulkan menggunakan instrumen tes, kemudian dianalisis berdasarkan indikator kesalahan Newman. Indikator tersebut mencakup kesalahan dalam membaca soal, kesalahan dalam memahami soal, kesalahan dalam transformasi, kesalahan dalam keterampilan proses, dan kesalahan dalam penulisan jawaban akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan yang paling banyak terjadi adalah kesalahan penulisan jawaban akhir dengan persentase sebesar 27,02%, sedangkan kesalahan yang paling jarang terjadi adalah kesalahan transformasi dengan persentase sebesar 8,78%.​​​

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...