Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 4 No. 6 (2024): Innovative: Journal Of Social Science Research

Fuzzy Tsukamoto Method Analysis of Hospital Patient Satisfaction Assessment

Kartika, Devia (Unknown)
Shary Armonitha Lusinia (Unknown)
Indah Kusuma Dewi (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Dec 2024

Abstract

Kualitas pelayanan di rumah sakit memiliki peran krusial dalam mempengaruhi kepuasan dan loyalitas pasien. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan metode Fuzzy Tsukamoto dalam menentukan tingkat kepuasan pasien di RSUD Arosuka berdasarkan variabel ketanggapan, empati, dan tampilan fisik pelayanan. Metode yang digunakan adalah Fuzzy Tsukamoto yang memiliki toleransi data fleksibel dan sifat intuitif dalam memberikan tanggapan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner terhadap 40 responden pasien. Hasil implementasi sistem berbasis website menggunakan PHP dan MySQL menunjukkan bahwa metode Fuzzy Tsukamoto dapat digunakan sebagai alat evaluasi yang efektif untuk mengukur tingkat kepuasan pasien. Sistem ini dapat membantu pihak rumah sakit dalam mengidentifikasi area pelayanan yang perlu ditingkatkan berdasarkan hasil penilaian kepuasan pasien.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...