Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi manfaat psikolinguistik dalam proses pembelajaran bahasa Inggris. Dengan menggunakan metodologi tinjauan literatur kualitatif dengan desain studi pustaka, penelitian ini memanfaatkan banyak sumber, termasuk buku, artikel ilmiah, dan jurnal bereputasi yang diakses melalui platform seperti Google Scholar dan ResearchGate. Bukti yang dikumpulkan menyoroti sejumlah besar penelitian yang menegaskan manfaat psikolinguistik dalam penguasaan bahasa Inggris, seperti yang ditunjukkan oleh para penemu seperti Natsir (2017), Purba (2018), Mousa & Ali (2023), Lumentut & Lengkoan (2021), Rzayeva (2016), dan Ramesh & Jenita (2023). Temuan mereka menggarisbawahi bagaimana psikolinguistik tidak hanya meningkatkan kemampuan pengajaran guru tetapi juga membantu siswa dalam meningkatkan kemahiran bahasa Inggris mereka. Selain itu, penelitian ini mengungkapkan serangkaian manfaat spesifik yang terkait dengan psikolinguistik dalam pembelajaran bahasa Inggris, termasuk: 1) pemahaman yang lebih mendalam terhadap proses pembelajaran; 2) kemampuan mengidentifikasi tantangan pembelajaran; 3) wawasan analisis kesalahan; 4) pengenalan kelainan saraf; 5) pemilihan metodologi pengajaran yang terinformasi; 6) wawasan tentang ciri-ciri kepribadian individu; 7) mengatasi hambatan bicara; dan 8) peningkatan keterampilan berbahasa Inggris.Kata Kunci: Manfaat, Bahasa Inggris, Pembelajaran, Psikolinguistik
Copyrights © 2024