Bank Syariah Indonesia adalah salah satu Bank yang beroperasi berdasarkan prinsip syariah yang menawarkan produk penghimpunan dan penyaluran dana, salah satunya adalah produk tabungan Easy Wadiah merupakan salah satu produk yangbanyak di minati nasabah.Easy Wadiah adalah produk tabungan dalam bentuk menyimpan uang seorang nasabah dengan prinsip Wadiah Yad dhamanahdimana uang yang disimpan dapat di tarik dan disetorsetiap saat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Akad Wadiah Yad Dhamanah Pada Produk Tabungan Easy Wadiah Dalam Menarik Minat Nasabah Di Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Sampang. Dalam penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif,dengan cara melakukan studi dokumentatif dan wawancara langsung dengan Costumer Service,dan 3 orang nasabah BSI KCP Sampang. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan, yang Pertama: bahwa implementasi akad Wadiah Pada tabungan Easy Wadiah di BSI KCP Sampang Telah diterapkan secara menyeluruh dan dilaksanakan dengan baik sesuai dengan ketentuan syariah ajaran Islam yang berpedoman pada Al-Qur’an dan Hadis, serta ketentuan Fatwa DSN No. 02/DSN-MUI/IV/2000 tentang tabungan yang menggunakan akad Wadiah Yad Dhamanah dalam implementasi produknya. Kedua: hasil analisis SWOT tabungan Easy Wadiah, memperoleh strategi yang cocok untuk diimplementasikan yaitu strategi S-O (strengths-opportunities), yang artinya strategi yang dilakukan dengan cara menggunakan seluruh kekuatan yang berasal dari dalam perusahaan untuk meraih peluang. Strategi S-O yang dapat dilakukan oleh BSI KCP Sampang diantaranya melakukan upaya peningkatan SDM di bidang pemasaran produk, meningkatkan kualitas pelayanan kepada nasabah, memberikan akses kemudahan dan kenyamanan bagi nasabah dalam bertransaksi.
Copyrights © 2023