Riwayat: Educational Journal of History and Humanities
Vol 8, No 1 (2025): Januari, Special Issue on "Educational design research for human beings learning

Implementasi Pemilih Yang Termasuk Dalam Kategori Daftar Pemilih Khusus (DPK) Pada Pemilu 2024 Di Kabupaten Seruyan Berdasarkan Keputusan KPU RI Nomor 66 Tahun 2024 Dengan Surat Edaran Bawaslu Nonor 21 Tahun 2024

Setiawan, Yulius (Unknown)
Bernardianto, Raden Biroum (Unknown)
Yusuf, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2025

Abstract

Pemilu merupakan proses penting dalam demokrasi yang memerlukan partisipasi semua warga negara yang memenuhi syarat. Artikel ini menganalisis implementasi Daftar Pemilih Khusus (DPK) pada Pemilu 2024 di Kabupaten Seruyan, mengacu pada Keputusan KPU RI Nomor 66 Tahun 2024 dan Surat Edaran Bawaslu Nomor 21 Tahun 2024. Studi ini bertujuan untuk menilai efektivitas penerapan kebijakan ini serta tantangan yang dihadapi dalam prosesnya. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, dan hasilnya menunjukkan bahwa implementasi kebijakan masih menghadapi berbagai kendala, seperti keterbatasan infrastruktur, minimnya pelatihan petugas, kurangnya sosialisasi kepada masyarakat, dan koordinasi antar lembaga yang belum optimal. Potensi konflik muncul terutama dalam menentukan validitas pemilih dan kebutuhan pemungutan suara ulang (PSU) akibat perbedaan penafsiran Pasal 80 ayat (2) PKPU Nomor 25 Tahun 2023. Untuk mengatasi tantangan tersebut, penelitian merekomendasikan penguatan pelatihan bagi petugas, penyusunan panduan teknis bersama KPU dan Bawaslu, peningkatan akses teknologi, serta sosialisasi yang lebih intensif. Diharapkan langkah-langkah ini dapat meningkatkan akurasi, inklusivitas, dan transparansi penyusunan DPK, mendukung pemilu yang lebih kredibel dan demokratis di Kabupaten Seruyan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

riwayat

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

The journal publishes writings on (1) History education, (2) History of Education,(3) Social Sciences Education, (4) Sociology Education, (5) Philosophy of history, (6) Historiography, (7) Humanities, and (8) ...