Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya membaca pemahaman peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keefektifan metode Steinberg dengan media Big Book terhadap membaca pemahaman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen kuasi, pratest - posttest dengan dua kelompok yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diberikan perlakuan menggunakan metode Steinberg dengan media Big Book, sedangkan pada kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan membaca pemahaman antara kedua kelas. Pada kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional cenderung tidak mengalami peningkatan yang signifikan, sedangkan pada kelas eksperimen terjadi peningkatan membaca pemahaman. Berdasarkan hasil analisis data pada kelas eksperimen, nilai rata-rata membaca pemahaman pratest sebesar 42 setelah perlakuan menjadi 75, terjadi peningkatan 33. Hasil analisis data tersebut mengindikasikan bahwa metode Steinberg dengan media Big Book efektif digunakan untuk meningkatkan membaca pemahaman.Kata kunci: Metode Steinberg, Media Big Book, Membaca pemahaman
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021