cover
Contact Name
Erwin Eka Saputra
Contact Email
jurnalsultraelementaryschool@gmail.com
Phone
+6285399089409
Journal Mail Official
jurnalsultraelementaryschool@gmail.com
Editorial Address
Jl. Kapt. Piere Tendean No.109, Baruga, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara 93563
Location
Kota kendari,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
JSES
ISSN : -     EISSN : 2716036X     DOI : 10.54297
JSES: Jurnal Sultra Elementary School with e-ISSN: 2716-036X is an open access journal published by the Elementary School Teacher Education Study Program dedicated to publishing educational research results based on scientific research and literature studies in the field of educational science that focuses on curriculum, teaching methodology, learning activities, teaching media, learning approaches, learning outcomes, character education, and evaluation in elementary education. This is part of the spirit of disseminating knowledge produced from research and thinking for the wider community. In addition, it is also a source of reference for professionals, academics, researchers, and scholars in the field of education in general and Elementary Education in particular. Jurnal Sultra Elementary School (JSES) accepts scientific articles with a research scope on: 1. Curriculum Development 2. Teaching Methods 3. Learning Activities 4. Teaching Media 5. Learning Approaches 6. Learning Achievements 7. Character Education 8. Evaluation of Elementary Education
Articles 106 Documents
PENERAPAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION DENGAN MEDIAKOMIK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 1 LANGGIKIMA Ratnasari Ratnasari; Ashari Usman; La Sisi
Jurnal Sultra Elementary School Volume 2 Nomor 2 2021
Publisher : Universitas Sulawesi Tenggara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54297/jses.v2i2.41

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca setelah menerapan model Cooperative Integrated Reading and Composation dengan bantuan media komik pada peserta didik  kelas IV SD 1 Langgikima. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Langgikima, yang berjumlah 25 peserta didik. Peningkatan hasil kemampuan membaca peserta didik pada siklus I dari 25 peserta didik hanya 18 orang peserta didik yang tuntas dengan persentase keberhasilan sebesar 72% sedangkan pada siklus II dari 25 peserta didik hanya 23 orang peserta didik yang tuntas dengan persentase keberhasilan sebesar 92%.Kata kunci: kemampuan membaca, peserta didik
PENERAPAN KURIKULUM HOLISTIK DALAM MENINGKATKAN KESEIMBANGAN ANTARA PENGETAHUAN, KETERAMPILAN, DAN SIKAP Isnaliati, Isnaliati; Azhar, Asmanuddin; Novikasari, Novikasari; Tumaleno, Sri Wulandari
Jurnal Sultra Elementary School Volume 5 Nomor 2 2024 : Desember
Publisher : Universitas Sulawesi Tenggara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54297/jses.v5i2.135

Abstract

Holistic curriculum is an educational approach that aims to integrate aspects of knowledge, skills, and attitudes in a balanced way in the learning process. This article discusses the basic concept of holistic curriculum, its implementation in various educational contexts, and its influence on the formation of whole learners. This study uses a literature study method by analyzing data from various reliable sources. The results of the study indicate that the implementation of a holistic curriculum can increase student engagement, develop life skills, and form strong characters. However, its implementation requires support from all stakeholders, including educators, parents, and policy makers.
PENGARUH PENGGUNAAN SMARTPHONE TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VI SD NEGERI 06 KENDARI Sahlun Sahlun; Ashari Usman; Ahmad Ahmad
Jurnal Sultra Elementary School Volume 2 Nomor 1 2021
Publisher : Universitas Sulawesi Tenggara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54297/jses.v2i1.32

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh smartphone terhadap hasil belaja rsiswa, terutama siswa kelas 6 SD Negeri 6 Kendari. Penelitian ini dilakukan yaitu jenis penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini yaitu keseluruhan siswa kelas 6 SD Negeri 6 Kendari dengan jumlah keseluruhan 245 siswa. Dan mengambil sampel sebesar 50% atau 61 siswa dengan cara sampel acak sistematis. Pengumpulan data yang dilakukan dengan metode anket, observasi langsung dan dokumentasi nilai raport siswa. Analisis data menggunakan rumus statistic analisis regeresi linear sederhana. Setelah dilakukan perhitungan dapat disimpulkan dari tabel model Summary menjelaskan tentang besarnya nilai korelasi/hubungan (R) adalah sebesar 0,437 dan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,191, bahwa pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen yaitu sebesar 19,1%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain, dan dari persamaan regresi diatas, ditampilkan uji signifikansi dengan uji t, adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara variabel X (smartphone) terhadap variabel Y (prestasi belajar). Berdasarkan output coefficients diketahui nilai t hitung = 3.733 dengan nilai siginifikansi 0.000 0.05. Maka H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi adanya pengaruh yang signifikan variable X terhadap variable Y. Jika penggunaan Smartphone menurun 1 satuan maka prestasi belajar meningkat sebesar 0,158.Kata Kunci: Smartphone, Prestasi Belajar.
PERAN LINGKUNGAN KELUARGA DALAM MENDUKUNG KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK SEKOLAH DASAR Wulandari, Ni Made Diana
Jurnal Sultra Elementary School Volume 4 Nomor 2 2023
Publisher : Universitas Sulawesi Tenggara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54297/jses.v4i2.113

Abstract

Listening is an early language skill mastered by humans. Listening skills become the basis for other language skills. Human life first learns to listen, after that learns to speak, then reads and writes. Listening is always used in everyday life, both in the family, school and community environments. However, most elementary school children don't like listening because they think that listening is boring. However, the important role of skill mastery or listening ability is very visible in the school environment. At school, most students spend time listening to the lessons delivered by their teachers. So as parents, they have an important role in supporting their children's listening skills so that they can understand the lessons they follow during their time at school
MENINGKATKAN PELUANG ”BISNIS DIGITAL KEWIRAUSAHAAN” DI ERA NEW NORMAL Agnes Nogo Temu; Yuni Permata Sari
Jurnal Sultra Elementary School Volume 1 Nomor 2 2020
Publisher : Universitas Sulawesi Tenggara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54297/jses.v1i2.21

Abstract

Perkembangan bisnis online saat ini berkembang pesat. Hal ini terlihat dari banyaknya orang yang memulai bisnis online, mulai dari jual beli online hingga menjual konten. Perkembangan ini tidak lepas dari pengaruh teknologi digital. Pesatnya perkembangan teknologi ini, membuat cara berpikir masyarakat berbeda-beda dalam menyikapi hal-hal yang terjadi dalam kehidupan. Merespon pada wabah virus corona yang saat ini sedang mewabah di seluruh duniayang telah menjadi perhatian banyak orang untuk mempertahankan hidupnya dengan berbagai cara. Salah satu cara yang menjadi isu di tengah masyarakat dan sangat membantu masyarakat dalam menjaga perekonomian keluarga adalah dengan berbisnis online. Menanggapi himbauan untuk tetap di rumah, bisnis online tidak hanya memberikan keuntungan bagi distributor, tetapi juga bagi konsumen. Berkurangnya kesempatan kerja dan terbatasnya ruang gerak membuat banyak orang menjadi lebih kreatif dan inovatif, serta dapat menggunakan waktu secara efektif dan efisien. Realitas ini menantang semua pihak, baik sipil maupun non-sipil untuk berkontribusi dalam berkolaborasi dengan dunia digital, salah satunya adalah pertukaran layanan bisnis melalui media online. Ada keinginan masyarakat yang cepat untuk terjun ke dunia bisnis karena kebutuhan ekonomi yang mendesak, membuat mereka melakukan apa saja yang mereka inginkan. Dari sisi pemerintah, saat ini mulai dibahas dan dipertimbangkan pajak bisnis online, untuk itu masyarakat dan pemerintah diharapkan dapat bersinergi untuk mencapai visi dan misi yang sama.Kata Kunci : Bisnis Digital, Ekonomi, Kewirausahaan 
PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT DAN MEDIA REALIA TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI IPA DI KELAS V SEKOLAH DASAR Arna Juwairyah
Jurnal Sultra Elementary School Volume 3 Nomor 2 2022
Publisher : Universitas Sulawesi Tenggara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54297/jses.v3i2.93

Abstract

Tujuan penelitian ini mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA yang diajarkan menggunakan model PBL berbantuan media powerpoint dan media realia. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasieksperimental). Berdasarkan hasil penelitian Terdapat pengaruh keterampilan berpikir kritis dengan menggunakan model PBL berbantuan media powerpoint dan media realia, Nilai rata-rata N-Gain ketampilan berpikir kritis  peserta didik pada kelas yang menggunakan model PBL berbantuan media powerpoint lebih tinggi secara signifikan dari pada peserta didik yang menggunakan model PBL berbantuan media realia, hal ini berdasarkan nilai rata-rata N-Gain kelas model PBL berbantuan media powerpoint lebih tinggi yaitu 0,58 dari pada kelas model PBL berbantuan media realia yaitu 0,48.Kata Kunci: Pengaruh BPL Berbantuan Media Powerpoint dan Media Realia
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA KELAS IV SD NEGERI 1 DUREN Titis Suci Widyowati; Wawan Priyanto; Sukamto Sukamto
Jurnal Sultra Elementary School Volume 3 Nomor 1 2022
Publisher : Universitas Sulawesi Tenggara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54297/jses.v3i1.46

Abstract

Pandemi Covid-19 ini mengubah pelaksanaan pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri 1 Duren yang biasanya menggunakan pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran yang memadukan antara pembelajaran luring dan pembelajaran daring (blended learning). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji proses pelaksanaan pembelajaran blended learning dikelas IV SD Negeri 1 Duren dan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan pembelajaran blended learning. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian dilakukan di di SD Negeri 1 Duren dengan subjek penelitian ini meliputi siswa kelas IV dan guru kelas IV. Hasil penelitian menunjukkan proses pembelajaran daring dilakukan bersamaan dengan pembelajaran luring. Aplikasi yang digunakan dalam model belajar daring adalah WhatsApp, sedangkan pembelajaran luring dilakukan di sekolah dengan melihat materi yang dikirim melalui Grub WhatsApp. Pelaksanaan pembelajaran blended learning memiliki banyak kekurangan seperti siswa kurang paham pada materi yang disampaikan oleh guru dan manajemen waktu yang kurang baik. Namun pembelajaran blended juga memiliki kelebihan yaitu kemudahan bagi guru untuk menyampaikan materi ke seluruh siswa.Kata kunci: pembelajaran pada masa pandemi, blended learning, sekolah dasar.
PERAN PEMBELAJARAN SAINS BERBASIS MASALAH DALAM MENGASAH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR Khoirunisa Khoirunisa; Putri Kesi; Yuyun Efrianefrian; Murni Murni; Astika Astika
Jurnal Sultra Elementary School Volume 5 Nomor 1 2024 : Juni
Publisher : Universitas Sulawesi Tenggara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54297/jses.v5i1.129

Abstract

Problem-based science learning (PBL) has an important role in honing students' critical thinking skills, especially at the elementary school level. Through problem-based learning, students are invited to be directly involved in solving problems that are relevant to everyday life, so that it can stimulate their critical thinking process. This article aims to explore various findings from literature studies related to the application of PBL in science learning in elementary schools, with a focus on developing students' critical thinking skills. The findings from this study indicate that PBL is effective in improving students' analytical, evaluation, and problem-solving skills, as well as encouraging them to think more creatively and reflectively in facing challenges.
EFEKTIVITAS METODE STEINBERG DENGAN MEDIA BIG BOOK TERHADAP MEMBACA PEMAHAMAN DI KELAS III SEKOLAH DASAR Susi Liasambu; Kasmawati Kasmawati; La Sisi
Jurnal Sultra Elementary School Volume 2 Nomor 2 2021
Publisher : Universitas Sulawesi Tenggara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54297/jses.v2i2.37

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya membaca pemahaman peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keefektifan metode Steinberg dengan media Big Book terhadap membaca pemahaman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen kuasi, pratest - posttest dengan dua kelompok yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diberikan perlakuan menggunakan metode Steinberg dengan media Big Book, sedangkan pada kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan membaca pemahaman antara kedua kelas. Pada kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional cenderung tidak mengalami peningkatan yang signifikan, sedangkan pada kelas eksperimen terjadi peningkatan membaca pemahaman. Berdasarkan hasil analisis data pada kelas eksperimen, nilai rata-rata membaca pemahaman pratest sebesar 42 setelah perlakuan menjadi 75, terjadi peningkatan 33. Hasil analisis data tersebut mengindikasikan bahwa metode Steinberg dengan media Big Book efektif digunakan untuk meningkatkan membaca pemahaman.Kata kunci: Metode Steinberg, Media Big Book, Membaca pemahaman
TEKNIK YANG EFEKTIF UNTUK MENUMBUHKAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA DI SEKOLAH DASAR Elfa Santika
Jurnal Sultra Elementary School Volume 5 Nomor 1 2024 : Juni
Publisher : Universitas Sulawesi Tenggara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54297/jses.v5i1.118

Abstract

This study aims to explore effective techniques in improving elementary school students' speaking ability. Good communication is an important skill that supports students' academic success and social-emotional development. Through a literature study method, this study analyzes various techniques such as role-playing methods, storytelling techniques, group discussions, and project-based learning (PBL). This study discusses various learning techniques in improving elementary school students' speaking ability and the role of teachers as facilitators, motivators, and mediators in the process. The findings of the study indicate that the implementation of these techniques effectively encourages students to be more active in speaking, increases their self-confidence, and develops their communication skills. In addition, an interactive learning environment and moral support from teachers play an important role in motivating students to practice speaking regularly. With the right and sustainable strategies, students' speaking ability can be significantly improved, preparing them to communicate better in various academic and social situations.

Page 1 of 11 | Total Record : 106