Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis pantun siswa kelas VII-1 SMP Negeri 4 Kendari dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning. Manfaat dari penelitian ini bagi siswa, guru, sekolah, dan MGMP Bahasa Indonesia. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 4 Kendari. Subjek yang diteliti siswa kelas VII-1 yang berjumlah 32 orang terdiri dari 18 perempuan dan 14 laki-laki. Berdasarkan data-data dari hasil penelitian dalam tiga siklus adalah: 1)  hasil belajar yang dicapai oleh siswa pada siklus I yang memperoleh nilai ≥ 80 sebanyak 13 orang (40,63%), dan hasil belajar yang dicapai oleh siswa pada siklus II yang memperoleh nilai ≥ 80 sebanyak 31 orang (96,88%), 2) kemampuan guru mengelola pembelajaran pada siklus I jumlah skor 120 dengan rata-rata 4 (Baik) dan pada siklus II jumlah skor 132 dengan rata-rata 4,4 (Baik) dan 3) kegiatan siswa dalam proses pembelajaran pada siklus I memperoleh jumlah skor 22 (73,33%) dengan kriteria Cukup dan pada siklus II memperoleh jumlah skor 27 (90,00%) dengan kriteria Sangat Baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan membaca dan menulis pantun siswa kelas VII-1 SMP Negeri 4 Kendari.Kata kunci: membaca, menulis, pantun, project based learning
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022