Jurnal Ilmu Pendidikan
Vol. 1 No. 2 (2024): Jurnal Ilmu Pendidikan

Motivasi Dalam Manajemen Sumber Daya Pendidik dan Tenaga Kependidikan di MA Al Mubarok Jember

Aimmah, Shilatul Alivil (Unknown)
Fadilah, Siti Nur (Unknown)
Alfan, Iqbal (Unknown)
Hidayat, Rofiq (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan memahami manajemen sumber daya pendidik dan tenaga kependidikan di Madrasah Aliyah AL Mubarok Jember. Dengan pengakuan terhadap peran penting manajemen yang efektif dalam meningkatkan kualitas pendidikan, penelitian ini mengeksplorasi proses perencanaan, rekrutmen, penempatan, dan pengembangan pendidik serta tenaga administrasi, serta dampaknya terhadap motivasi dan kinerja mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan wawancara mendalam dan observasi, melibatkan kepala sekolah, guru, dan staf administrasi. Faktor pendukung seperti dukungan administratif dan ketersediaan fasilitas di lingkungan sekolah juga diperhatikan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa dukungan administratif, lingkungan kerja yang positif, hubungan kolegial, dedikasi terhadap lembaga, dan program pengembangan profesional yang konsisten memiliki dampak signifikan terhadap motivasi staf dan hasil belajar siswa. Metode motivasi yang diterapkan di Madrasah Aliyah, seperti program pengembangan profesional, penghargaan, dan keterlibatan pendidik dalam pengambilan keputusan, secara signifikan berkontribusi pada peningkatan motivasi dan efektivitas pendidikan. Temuan ini memiliki implikasi penting untuk meningkatkan sistem manajemen di Madrasah Aliyah, menciptakan lingkungan pendidikan yang lebih berkualitas dan berkelanjutan. Rekomendasi dari penelitian ini diharapkan dapat membantu madrasah dalam mengelola sumber daya manusia secara lebih efektif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JIP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmu Pendidikan menyediakan akses terbuka langsung ke isinya dengan prinsip bahwa membuat penelitian tersedia secara bebas untuk umum mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar. Semua artikel yang diterbitkan Open Access akan segera dan secara permanen gratis untuk dibaca dan ...