Pemanfaatan teknologi digital dalam pendidikan merupakan salah satu langkah strategis untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan dosen serta mahasiswa dalam mendesain media pembelajaran interaktif berbasis sosiologi menggunakan platform digital Canva. Kegiatan dilaksanakan di Universitas Negeri Padang dengan melibatkan 26 peserta dari Program Studi Pendidikan Sosiologi. Metode pelaksanaan mencakup tahapan sosialisasi, pelatihan, praktik langsung, dan evaluasi. Evaluasi dilakukan dengan pre-test dan post-test untuk mengukur peningkatan pemahaman peserta, serta penilaian terhadap hasil karya desain media pembelajaran. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa rata-rata skor pre-test peserta sebesar 42,75% meningkat menjadi 84,75% pada post-test, dengan peningkatan pemahaman sebesar 42%. Selain itu, hasil karya peserta menunjukkan kemampuan dalam memanfaatkan fitur Canva untuk menghasilkan media pembelajaran yang kreatif, relevan, dan interaktif. Temuan ini mengindikasikan bahwa penggunaan Canva dapat mendukung pembelajaran sosiologi secara lebih menarik dan efektif. Kegiatan ini memberikan dampak positif dalam mendorong inovasi pembelajaran berbasis teknologi di lingkungan pendidikan tinggi. Untuk keberlanjutan, disarankan agar pelatihan serupa diterapkan di program studi lainnya guna memperluas transformasi pembelajaran digital.
Copyrights © 2024