Masyarakat: Jurnal Pengabdian
Vol. 1 No. 2 (2024)

SOSIALISASI PEMANFAATAN PLATFORM DIGITAL CANVA DALAM MENDESAIN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF SOSIOLOGI

Kartika, Rani (Unknown)
Wita, Gusmira (Unknown)
Yudita, Anisa (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Dec 2024

Abstract

Pemanfaatan teknologi digital dalam pendidikan merupakan salah satu langkah strategis untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan dosen serta mahasiswa dalam mendesain media pembelajaran interaktif berbasis sosiologi menggunakan platform digital Canva. Kegiatan dilaksanakan di Universitas Negeri Padang dengan melibatkan 26 peserta dari Program Studi Pendidikan Sosiologi. Metode pelaksanaan mencakup tahapan sosialisasi, pelatihan, praktik langsung, dan evaluasi. Evaluasi dilakukan dengan pre-test dan post-test untuk mengukur peningkatan pemahaman peserta, serta penilaian terhadap hasil karya desain media pembelajaran. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa rata-rata skor pre-test peserta sebesar 42,75% meningkat menjadi 84,75% pada post-test, dengan peningkatan pemahaman sebesar 42%. Selain itu, hasil karya peserta menunjukkan kemampuan dalam memanfaatkan fitur Canva untuk menghasilkan media pembelajaran yang kreatif, relevan, dan interaktif. Temuan ini mengindikasikan bahwa penggunaan Canva dapat mendukung pembelajaran sosiologi secara lebih menarik dan efektif. Kegiatan ini memberikan dampak positif dalam mendorong inovasi pembelajaran berbasis teknologi di lingkungan pendidikan tinggi. Untuk keberlanjutan, disarankan agar pelatihan serupa diterapkan di program studi lainnya guna memperluas transformasi pembelajaran digital.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

m-jp

Publisher

Subject

Other

Description

Masyarakat: Jurnal Pengabdian adalah jurnal profesional terakreditasi yang memiliki E-ISSN 3048-0760 dan P-ISSN 3048-0531 yang menyajikan informasi dan opini terkini mengenai isu-isu penelitian, pengabdian kepada masyarakat yang berkaitan dengan bidang Ilmu Pendidikan, Ilmu Sosial dan Ilmu ...