Penelitian ini mengeksplorasi keterlibatan konsumen untuk meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap produk halal. Studi ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh keterlibatan konsumen dalam meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap produk halal melalui kepuasan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif, yaitu data penelitian berupa angka dan analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan yang berbelanja oleh-oleh khas Medan, sebanyak 200 pelanggan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel psikologis, perilaku, dan kognitif berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan, sementara emosi tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan. Keterlibatan konsumen tidak berjalan efektif dalam meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap produk halal karena beberapa kondisi, seperti keterbatasan pengetahuan dan pengalaman serta pemahaman konsumen tentang produk halal yang mengurangi motivasi dan keinginan konsumen untuk mengonsumsi produk halal. Kontribusi dalam bidang ini adalah memberikan masukan kepada pelaku industri oleh-oleh khas Medan untuk lebih memperhatikan logo halal pada produk yang dihasilkan guna meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan.
Copyrights © 2024