Society
Vol 12 No 2 (2024): Society

Dampak Keterlibatan Pelanggan pada Loyalitas terhadap Produk Halal: Peran Mediasi Kepuasan

Mesra B (Universitas Pembangunan Panca Budi Medan)
Elfitra Desy Surya (Universitas Pembangunan Panca Budi Medan)
Muhammad Syahrin Asman (Universitas Pembangunan Panca Budi Medan)



Article Info

Publish Date
19 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi keterlibatan konsumen untuk meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap produk halal. Studi ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh keterlibatan konsumen dalam meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap produk halal melalui kepuasan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif, yaitu data penelitian berupa angka dan analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan yang berbelanja oleh-oleh khas Medan, sebanyak 200 pelanggan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel psikologis, perilaku, dan kognitif berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan, sementara emosi tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan. Keterlibatan konsumen tidak berjalan efektif dalam meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap produk halal karena beberapa kondisi, seperti keterbatasan pengetahuan dan pengalaman serta pemahaman konsumen tentang produk halal yang mengurangi motivasi dan keinginan konsumen untuk mengonsumsi produk halal. Kontribusi dalam bidang ini adalah memberikan masukan kepada pelaku industri oleh-oleh khas Medan untuk lebih memperhatikan logo halal pada produk yang dihasilkan guna meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

society

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Society (ISSN 2338-6932 Print, ISSN 2597-4874 Online) is a biannual, peer-reviewed, open-access journal published by the Social Engineering Laboratory, Faculty of Social and Political Sciences, Universitas Bangka Belitung. It focuses on Studies in Human Society, covering fields like Sociology, ...