IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam
Vol. 3 No. 1 (2025): 2025

Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur'an Bagi Guru Dan Siswa Melalui Program Kegiatan Gemajuza di SMPN 1 Sooko Mojokerto

Fi’Lolla Uswatun Hasanah (Unknown)
Fathur Rohman (Unknown)
Muhammad Fahmi (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2025

Abstract

Era globalisasi yang serba cepat, kemampuan membaca Al-Qur'an dengan baik dan benar bukan sekadar keterampilan, melainkan kebutuhan mendasar. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana program gemajuza bisa meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an bagi guru dan siswa SMPN 1 Sooko Mojokerto. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif deskriptif, Teknik pengumpulan data melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi, teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diketahui bahwa program Gemajuza secara efektif membantu peserta yang terdiri dari siswa dan guru dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menghafal Al-Qur'an.  Penelitian ini mengkaji peranan penting program Gemajuza guna menaikkan potensi dalam pembacaan Al-Qur'an di SMPN 1 Sooko Mojokerto. Melalui pendekatan yang terstruktur dan adaptasi yang sesuai dengan kebutuhan peserta, program tersebut tak sekedar sukses guna menambahkan keterampilan membaca, namun juga meningkatkan kesadaran akan pentingnya pembacaan Al-Qur'an dalam keseharian. Temuan menunjukkan bahwa baik siswa ataupun guru terjadi kenaikan dengan cara signifikan dalam potensi membaca Al-Qur'an, yang berimplikasi positif terhadap partisipasi mereka dalam pelajaran agama dan kegiatan keagamaan lainnya. Implikasi dari penelitian ini sangat luas

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ihsan

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Fokus dan Ruang Lingkup Ihsan: Jurnal Pendidikan Islam menerima naskah asli yang tidak diterbitkan dalam bahasa Indonesia atau Inggris, berdasarkan penelitian dari metodologi penelitian kuantitatif, kualitatif, campuran, atau metodologi apa pun yang terkait dengan ...