Action Research Journal Indonesia (ARJI)
Vol. 6 No. 4 (2024): Action Research Journal Indonesia (ARJI)

Inovasi Pembelajaran Teks Pidato Bahasa Lampung Melalui Metode Talking Stick untuk Siswa Kelas VIII SMP

Muhammad Muchsin Afriyadi (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung)
Nur Choironi (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2024

Abstract

Metode pembelajaran merupakan suatu langkah, prosedur atau urutan untuk menerapkan suatu rencana yang disusun melalui kegiatan secara nyata oleh guru untuk mencapai tujuan pembelajaran yang optimal. Metode pembelajaran diterapkan di setiap pembelajaran baik di lembaga formal maupun non formal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui penerapan metode pembelajaran talking stick dalam mengajar teks pidato. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi mengenai proses pembelajaran berlangsung, wawancara guru sejawat dan 32 orang siswa pelatihan serta dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian yang dilaksanakan oleh penulis pada semester Ganjil tahun ajaran 2024/2025. Tempat penelitian di SMPN 16 Bandar Lampung. Hasil penelitian ini yaitu metode Talking Stick saat ini yaitu metode ceramah. Metode ceramah sudah dirasa efektif oleh guru. Namun, ada beberapa kendala dalam pelaksanaan pembelajarannya yaitu masih banyak siswa ketika pembelajaran berlangsung berisik, kurang memperhatikan, siswa kurang berperan aktif dalam pembelajaran dan bersifat monoton. Penerapan metode pembelajaran talking stick diharapkan dapat menjadi metode pembelajaran yang baru serta dapat dijadikan referensi, siswa mampu mengemukakan pendapatnya, belajar lebih giat dan mampu berperan aktif dalam pembelajaran. Simpulan dari penelitian ini yaitu pembelajaran dengan menggunakan metode talking stick dapat dijadikan sebagai inovasi baru dalam mempelajari teks pidato Bahasa Lampung dan sebagai siswa juga mampu berperan aktif dalam pembelajaran serta mampu mengemukakan pendapatnya didepan umum

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ARJI

Publisher

Subject

Education

Description

ARJI is a journal that publishes the results of scientific research in the field of education using classroom action research methods. The ARJI journal is published every 3 months, namely in March, June, September and December. The ARJI journal has been published since March 2019. The ARJI journal ...