Dharmas Education Journal (DE_Journal)
Vol 1 No 2 (2020): Desember

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA INTERAKTIF PADA MATERI PENGUKURAN BERAT BENDA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS I-A

Syahfitri, Zuliarti (Unknown)
Nasution, Marah Doly (Unknown)
Nasution, Dermawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui Hasil Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Interaktif Pada Materi Pengukuran Berat Benda Di Sdn 060912 Medan Denai Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa KELAS I-A . Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan pada bab-bab sebelumnya, dapat ditarik beberapa kesimpulan yakni sebagai berikut:Pembelajaran matematika dengan menggunakan model problem based learning berbantuan media interaktif dapat melatih siswa untuk saling bekerja sama dan berbagi informasi antar siswa sehingga lebih meningkatkan pemahaman mereka terhadap materi pengukuran berat benda.Pembelajaran dengan menggunakan model problem based learning berbantuan media interaktif dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari data hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti. Dimana pada saat pretes ketuntasan belajar siswa secara klasikal hanya sebanyak 6 orang siswa (28,57%), namun setelah dilaksanakannya siklus I dengan menggunakan model problem based learning berbantuan media interaktif ketuntasan belajar siswa secara klasikal mengalami peningkatan sebesar (57,14%) atau sebanyak 12 siswa. Pada siklus II juga terjadi peningkatan ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar (80,95%) atau sebanyak 17 siswa karena guru telah melakukan tindakan siklus I dan siklus II sehingga siswa sudah dapat menyelesaikan soal-soal dari posttes yang telah diberikan pada siklus I dan siklus II. Media Interaktif berupa Powerpoint interaktif dan media konkret berupa timbangan sederhana sebagai media pendukung pembelajaran memberikan kontribusi besar dalam meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses belajar, terutama dalam aspek psikomotor dan afektif. Kuis yang terdapat dalam media tersebut dan praktik langsung dalam kegiatan menimbang menggunakan timbangan sederhana memberikan penguatan terhadap konsep pengukuran berat benda yang dipelajari dan membuat pembelajaran menjadi menyenangkan serta bermakna.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

de_journal

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Public Health Other

Description

DE_JOURNAL (Dharmas Education Journal) merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Dharmas Indonesia, dan sebagai sarana publikasi hasil penelitian serta berbagi perkembangan ilmu tentang pendidikan. Jurnal ini memuat artikel yang belum pernah ...