Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Web Google Site Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas I Pada Materi Aku Dan Keluargaku Di Sdn 060912 Medan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini dilakukan di SDN 060912 Medan. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2024/2025 terhitung mulai Maret sampai dengan April. Subjek Penelitian ini adalah peserta didik kelas I SDN 060912 Medan pada semester genap Tahun Ajaran 2024/2025. Peserta didik yang berjumlah 21 siswa. Setiap siklus pada penelitian tindakan terdiri dari empat tahap, yaitu (1) Perencanaan (Planning), (2) Pelaksanaan (Action), (3) Observasi atau pengamatan (Observation), (4) Refleksi (Reflection). Dari hasil pembelajaran yang telah dilaksanakan berjalan dengan baik, baik dari aktivitas siswa dan hasil belajar yang diperoleh siswa telah mengalami peningkatan. Pada siklus I meningkat sedikit dengan nilai rata-rata yaitu 68,33 dan persentase skor yang dicapai yaitu 39,28% serta ketuntasan belajar siswa sebesar 66,67% dengan tingkat keberhasilan yang artinya cukup. Pada siklus II meningkat dengan nilai rata-rata persentase skor yang dicapai yaitu 85,71% dan ketuntasan belajar siswa sebesar 85,71% dengan tingkat keberhasilan yang artinya baik. Dari hasil yang telah diperoleh tersebut dapat dikatakan bahwa pembelajaran IPAS dengan menerapkan Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Laman Google site dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas I SDN 060912 Medan
Copyrights © 2022