Dharmas Education Journal (DE_Journal)
Vol 3 No 2 (2022): Desember

EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PERSAMAAN KUADRAT KELAS VIII

Br Simarmata, Jesika Jelita Putri (Unknown)
Situmorang, Adi Suarman (Unknown)
Hutauruk, Agusmanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model problem based learning dalam meningkatkan kemampuan numerasi matematika siswa dalam menyelesaikan soalmateri persamaan kuadrat di kelas VIII SMP Negeri 5 Percut Sei Tuan. Pendekatan yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain quasi eksperimen. Subjek penelitian mencakup seluruh siswa kelas VIII yang ada di SMP Negeri 5 Percut Sei Tuan, yang terbagi menjadi lima kelas. Dari populasi tersebut, kelas VIII-6 yang terdiri dari 34 siswa dan kelas VIII-7 yang berjumlah 32 siswa dipilih sebagai sampel, dengan asumsi bahwa kedua kelompok mempunyai kemampuan kognitif yang serupa. Kelas VIII-6 menjadi kelompok eksperimen, sedangkan kelas VIII-7 sebagai kelompok kontrol. Alat yang digunakan dalam penelitian ini meliputi tes dan observasi. Hasil rata-rata N-Gain menunjukkan nilai 0,63 untuk kelas eksperimen dan 0,61 untuk kelas kontrol, yang menandakan model problem based learning lebih efektif. Hasil analisis dari indikator kualitas pembelajaran terkait kemampuan numerasi matematika memberikan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,00 yang lebih kecil dari 0,005 pada tingkat signifikansi 5%, yang menunjukkan terdapat perbedaan efektivitas antara model pembelajaran berbasis masalah dan model pembelajaran biasa, sehingga dapat disimpulkan bahwa model problem based learning lebih unggul. Berdasarkan lembar observasi mengenai kesesuaian tingkat pembelajaran, diperoleh nilai rata-rata keseluruhan sebesar 4,1, yang menunjukkan bahwa kualitas pembelajaran sudah tergolong baik, dengan pencapaian waktu ideal adalah 4,75, yang juga menunjukkan baik. Melihat dari aspek kualitas pembelajaran dan lembar observasi, model problem based learning ternyata efektif untuk meningkatkan kemampuan numerasi matematika siswa dalam menyelesaikan soal persamaan kuadrat di kelas VIII SMP Negeri 5 Percut Sei Tuan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

de_journal

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Public Health Other

Description

DE_JOURNAL (Dharmas Education Journal) merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Dharmas Indonesia, dan sebagai sarana publikasi hasil penelitian serta berbagi perkembangan ilmu tentang pendidikan. Jurnal ini memuat artikel yang belum pernah ...