Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Project Based Learning terhadap kemampuan literasi sains siswa di kelas IV Sekolah Dasar. Jenis penelitian merupakan penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen, dan desain nonnequvalent kontrol group design. Penelitian dilakukan pada siswa kelas IV UPT SDN 066650 Medan, yang dibagi menjadi dua kelas yaitu IVA sebagai kelas kontrol dan kelas IVB sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan berupa tes dan dokumentasi, serta terknik analisis yaitu uji statistik diskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap kemampuan literasi sains siswa dilihat dari nilai t-hitung yaitu 12, 643 > dari t-tabel 2,032 yang menunjukan hipotesisi Ha diterima dan Ho ditolak artinya terdapat ada perbedaan rata-rata pada posttest kelas eksperimen dan kontrol sedangan dilihat dari nilai sig 2-tailed sebesar 0,000 < 0,05 artinya hipotesisi Ha diterima dan Ho ditolak jadi Temuan ini menggambarkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Project Based Learning yang signifikan terhadap kemampuan literasi sains siswa kelas IV UPT SDN 066650 Medan.
Copyrights © 2025