Dharmas Education Journal (DE_Journal)
Vol 5 No 2 (2024): DE_Journal

PENGARUH METODE BERMAIN PERAN UNTUK MENGEMBANGKAN MORAL PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN (KELOMPOK B) DI TK ILHAM NW SELUSUH

Ashari, Moh. Alwi (Unknown)
Ramdani, Zuhut (Unknown)
Najamuddin, Najamuddin (Unknown)
Larasati, Deswita (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bermain peran untuk mengembangkan moral pada anak usia 5-6 tahun (kelompok B) di TK Ilham NW Selusuh Tahun Ajaran 2023-2024. Jenis penelitian yang digunakan ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksprimen. Adapun desain penelitian yang digunakan adalah Pre-eksperimental desaign dengan bentuk One-Group Pretest-Posttest desaign. Subjek penelitian ini adalah seluruh anak kelompok B TK Ilham NW Selusuh yang berjumlah 13 anak. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa lembar validasi, lembar observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan perkembangan moral anak saat Pre-test berjumlah 66 dengan rata-rata persentase keseluruhan 409%, dan dikategori penilaian MB (Mulai Berkembang) yang mencapai nilai persentase 69% dari keseluruhan anak. dan setelah diberikan perlakuan atau (treatment) kemudian diadakan Posttest, diperoleh perkembangan moral anak yaitu 155 dengan jumlah persentase keseluruhan anak yaitu 962%, berdasarkan kategori penilaian didapatkan bahwa pada sebagian besar anak mendapatkan kategori BSH (Berkembang Sesuai Harapan) yang mencapai nilai 76% dari keseluruhan anak yang berjumlah 13 Anak. Selain itu juga dapat dilihat dari hasil uji hipotesis t_hitung yaitu 13,914 dengan nilai t_tabel yaitu1,782 maka nilai t_hitung (13,914) ≥ (1,782). Ini membuktikan bahwa hasil dari analisis hipotesis dalam penelitian ini bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Dari hasil tersebut juga dapat disimpulkan bahwa metode bermain peran layak digunakan untuk mengembangkan moral pada anak usia 5-6 tahun (kelompok B) di TK Ilham NW Selusuh Tahun Ajaran 2023/2024.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

de_journal

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Public Health Other

Description

DE_JOURNAL (Dharmas Education Journal) merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Dharmas Indonesia, dan sebagai sarana publikasi hasil penelitian serta berbagi perkembangan ilmu tentang pendidikan. Jurnal ini memuat artikel yang belum pernah ...