Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bermain peran untuk mengembangkan moral pada anak usia 5-6 tahun (kelompok B) di TK Ilham NW Selusuh Tahun Ajaran 2023-2024. Jenis penelitian yang digunakan ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksprimen. Adapun desain penelitian yang digunakan adalah Pre-eksperimental desaign dengan bentuk One-Group Pretest-Posttest desaign. Subjek penelitian ini adalah seluruh anak kelompok B TK Ilham NW Selusuh yang berjumlah 13 anak. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa lembar validasi, lembar observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan perkembangan moral anak saat Pre-test berjumlah 66 dengan rata-rata persentase keseluruhan 409%, dan dikategori penilaian MB (Mulai Berkembang) yang mencapai nilai persentase 69% dari keseluruhan anak. dan setelah diberikan perlakuan atau (treatment) kemudian diadakan Posttest, diperoleh perkembangan moral anak yaitu 155 dengan jumlah persentase keseluruhan anak yaitu 962%, berdasarkan kategori penilaian didapatkan bahwa pada sebagian besar anak mendapatkan kategori BSH (Berkembang Sesuai Harapan) yang mencapai nilai 76% dari keseluruhan anak yang berjumlah 13 Anak. Selain itu juga dapat dilihat dari hasil uji hipotesis t_hitung yaitu 13,914 dengan nilai t_tabel yaitu1,782 maka nilai t_hitung (13,914) ≥ (1,782). Ini membuktikan bahwa hasil dari analisis hipotesis dalam penelitian ini bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Dari hasil tersebut juga dapat disimpulkan bahwa metode bermain peran layak digunakan untuk mengembangkan moral pada anak usia 5-6 tahun (kelompok B) di TK Ilham NW Selusuh Tahun Ajaran 2023/2024.
Copyrights © 2024