Jurnal Pendidikan dan Dakwah
Vol 1 No 2 (2024): Jurnal Pendidikan dan Dakwah

Konsep Dasar Matematika di Sekolah Dasar

Dalimunthe, Jihan (Unknown)
Pitri, Nalisa (Unknown)
Holipah, Siti (Unknown)
Sofiyah, Khotna (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2024

Abstract

Matematika adalah salah satu mata pelajaran yang memiliki peran penting dalam pendidikan dasar, khususnya di tingkat Sekolah Dasar (SD). Pengajaran matematika di tingkat dasar tidak hanya bertujuan untuk mengajarkan siswa cara menghitung atau menghafal rumus, tetapi juga untuk membangun dasar pemahaman yang kuat tentang konsep-konsep dasar matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendalami konsep dasar matematika yang diajarkan di Sekolah Dasar (SD) dan bagaimana pemahamannya dapat mempengaruhi kemampuan siswa dalam mengaplikasikan konsep tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metodologi kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan guru matematika, observasi kelas, dan analisis dokumen kurikulum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengajaran konsep dasar matematika di SD masih terfokus pada aspek teori tanpa mengaitkannya dengan konteks nyata, yang berdampak pada pemahaman siswa yang terbatas. Untuk itu, diperlukan pendekatan yang lebih aplikatif dan kontekstual dalam mengajarkan matematika agar siswa dapat memahami konsep dasar dengan lebih baik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpd

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

DESKRIPSI JURNAL Jurnal Pendidikan dan Dakwah merupakan jurnal ilmiah interdisipliner dari hasil penelitian dan kajian yang original tentang pendidikan dan dakwah. Jurnal Pendidikan dan Dakwah menerbitkan publikasi ilmiah kepada khalayak akademis baik peneliti, praktisi, dan pemerhati pendidikan dan ...