Jurnal Muhammadiyah Studies
Vol. 1 No. 1 (2016): Juli 2016

Kontinuitas dan Diskontinuitas Pendidikan Kader Pondok Hajjah Nuriyah Shabran (1982-2014)

Azaki Khoirudin (Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Surakarta)
Ma’arif Jamuin (Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Surakarta)



Article Info

Publish Date
27 Jul 2016

Abstract

Penelitian ini akan membahas masalah kontinuitas dan diskontinuitas paradigma pendidikan kader Pondok Pesantren Hajjah Nuriyah Shabran (1982-2014), dan kaitannya dengan diaspora peradaban Muhammadiyah. Tulisan ini mengamati transformasi dan pergeseran orientasi paradigma pendidikan kader Pondok Shabran pasca kepemimpinan Djazman al-Kindi, hubungan elit (kekuasaan) dalam pembentukan pandangan paradigma pendidikan, dan kontinuitas dan diskontinuitasnya. Landasan teori tulisan ini adalah teori diaspora, kontinuitas, serta diskontinuitas. Melalui Pondok Shabran, kader-kader Persyarikatan mampu melakukan diaspora peradaban dalam rangka membenihkan perubahan sosial.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jms

Publisher

Subject

Religion Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Jurnal Muhammadiyah Studies is a journal that publishes specific scientific articles, such as Religious Studies, Social Sciences, Political Sciences, International Relation, Legal Studies dan Muhammadiyah ...