ARINI: Jurnal Ilmiah dan Karya Inovasi Guru
Vol. 1 No. 1 (2024): ARINI: Jurnal Ilmiah dan Karya Inovasi Guru

Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pada Tema Gaya Hidup Berkelanjutan Berbasis Ecoprint Terhadap Dimensi Kreatif Siswa Kelas IV SD Negeri 5 Banda Aceh

Adinda Salsabila (Universitas Serambi Mekkah, Aceh, Indonesia)
Saudah Saudah (Universitas Serambi Mekkah, Aceh, Indonesia)
Maulidar Maulidar (Universitas Serambi Mekkah, Aceh, Indonesia)



Article Info

Publish Date
12 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini berfokus pada upaya meningkatkan dimensi kreatif siswa melalui pembelajaran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema gaya hidup berkelanjutan berbasis ecoprint. Permasalahan utama yang dihadapi adalah kurangnya pelatihan dan perkembangan guru dalam mengajar kurikulum merdeka terbaru pada pembelajaran P5. Untuk mengatasi ini, penelitian mengimplementasikan konsep gaya hidup berkelanjutan dengan teknik ecoprint di kelas IV-B SD Negeri 5 Banda Aceh. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara dan observasi langsung selama kegiatan, mulai dari sosialisasi hingga pelaksanaan ecoprint. Hasil observasi pelaksanaan menunjukkan bahwa kegiatan ecoprint berhasil dengan skor rata-rata 87,21%, yang menandakan peningkatan kreativitas siswa. Proyek ini juga merupakan bagian dari penerapan kurikulum kokulikuler yang mengintegrasikan nilai-nilai Pancasila dengan pelestarian alam. Teknik ecoprint, terutama teknik pounding, digunakan untuk membuat pola batik dengan bahan alami seperti daun dan bunga. Setelah teknik pounding, kain direndam dalam larutan air tawas dan dijemur hingga kering. Kesimpulannya, implementasi proyek ini berjalan dengan baik dan berhasil membentuk karakter siswa dalam hal pemahaman dan kepedulian terhadap lingkungan sejak dini. Hasil penelitian P5 ini diharapkan dapat menjadi indikasi positif bagi pengembangan dan penerapan P5 di sekolah lain, sehingga nilai-nilai Pancasila dapat diperkuat secara maksimal

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

arini

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

ARINI: Jurnal Ilmiah dan Karya Inovasi Guru merupakan Jurnal yang diterbitkan 2 (dua) kali dalam setahun, yaitu pada bulan Juni dan Desember oleh FANSHUR INSTITUTE: Research and Knowledge Sharing in Aceh. Sebagai Jurnal Ilmiah dan Karya Inovasi Guru merupakan inisiatif atau proyek yang dilakukan ...