Pemanfaatan media digital saat ini telah menjadi bagian utama dalam membentuk arus belajar bagi setiap kalangan, termasuk kalangan pelajar. Dengan kuatnya arus perkembangan teknologi dan informasi, media-media digital memberikan platform yang beragam seperti konten hiburan dan pembelajaran. Konten pembelajaran acapkali ditemukan dalam berbagai jenis media-media digital salah-satunya seperti aplikasi YouTube. YouTube sebagai aplikasi pemutar audio visual memiliki banyak sekali muatan dalam pembelajaran agama Islam. Beberapa akademisi, pemuka agama dan pembelajar seringkali mengunggah video pembelajaran di kanal YouTube seperti membaca kitab, kajian fiqh, ceramah agama, respon pada isu-isu social politik dan ekonomi Islam. Hal ini memberikan dua dampak, dampak negatif dan positif, dampak negatifnya adalah berkembangnya algoritma yang membuat masyarakat terkotak dalam gelembung (bubble effect), sedangkan dampak positifnya adalah terbukanya segala akses untuk dapat belajar kepada siapa saja tentang apa saja di kanal YouTube. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan membaca fenomena modern secara mendalam. Penelitian ini diharapkan menjadi bagian penting dalam menyumbangkan sudut pandang Pendidikan Agama Islam (PAI) yang lebih terbuka pada perubahan yang terjadi akibat perkembangan teknologi dan informasi
Copyrights © 2024