ARINI: Jurnal Ilmiah dan Karya Inovasi Guru
Vol. 1 No. 2 (2024): ARINI: Jurnal Ilmiah dan Karya Inovasi Guru

Rumah Tahfidz: Pembentukan Sistem Pembelajaran Islam Berbasis Hafalan dan Dampak Psikologis pada Anak Didik

Hendra SH (Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Teungku Dirundeng Meulaboh)
Lilis Darmila (Universitas Dharmawangsa Medan)
Sabarita Banurea (Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Hamzah Fansuri Kota Subulussalam)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2024

Abstract

Rumah Tahfidz saat ini semakin banyak di Indonesia, pembelajaran Alquran berdasarkan pada hafalan Alquran yang dilengkapi dengan penjelasan mendalam pada dasar-dasar keilmuan Islam. Banyak kritik yang mengarah pada wacana ini dengan menyebut bahwa metode menghafal tidak cocok untuk anak-anak. Namun, secara psikologis metode menghafal yang konsisten umumnya berdampak positif pada peningkatan rasa percaya diri, fokus, disipilin dan melatih konsentrasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi sistem pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) berbasis hafalan Alquran yang diterapkan di Rumah Tahfidz dan dampaknya terhadap psikologis anak didik. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan mengumpulkan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode hafalan yang diterapkan di Rumah Tahfidz efektif dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur'an di kalangan anak didik. Namun, penelitian ini juga melihat kritik terhadapnya dengan mengidentifikasi beberapa tantangan, seperti tekanan mental akibat tuntutan hafalan dan kurangnya variasi dalam metode pengajaran. Oleh karena itu, penting untuk mengembangkan strategi pembelajaran yang lebih seimbang dan komprehensif guna mendukung perkembangan akademis dan psikologis anak didik secara holistik. Kesimpulannya, Rumah Tahfidz memiliki peran signifikan dalam pembentukan karakter dan pengembangan spiritual anak didik, namun perlu adanya upaya peningkatan dalam metode pengajaran agar hasil yang dicapai lebih optimal.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

arini

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

ARINI: Jurnal Ilmiah dan Karya Inovasi Guru merupakan Jurnal yang diterbitkan 2 (dua) kali dalam setahun, yaitu pada bulan Juni dan Desember oleh FANSHUR INSTITUTE: Research and Knowledge Sharing in Aceh. Sebagai Jurnal Ilmiah dan Karya Inovasi Guru merupakan inisiatif atau proyek yang dilakukan ...