DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial
Vol. 5 No. 1 (2024): Diksi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial

Identifikasi Ekstrakurikuler Sekolah dalam Mendukung Fungsi Eksekutif Siswa Sekolah Dasar di Kota Bima

Nasution Nasution (Universitas Nggusuwaru)
Ahyansyah Ahyansyah (Universitas Nggusuwaru)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2024

Abstract

Tujuan penelitan ini untuk menelaah tentang peran kegiatan ekstrakurikuler dalam mendukung fungsi eksekutif siswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian berupa pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan teknik penyebaran kuesioner dan wawancara secara terstruktur. Untuk lebih meningkatkan kemampuan fungsi eksekutif siswa, maka dibutuhkan satu kegiatan ekstrakurikuler sebagai penunjang disetiap lembaga pendidikan. Melalui kegiatan ekstrakurikuler siswa dapat menyalurkan bakat, minat dan potensi yang dimiliki, namun secara tidak langsung juga mampu mengembangakan fungsi eksekutif siswa dengan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler seperti kegiatan pramuka. Hasil yang dicapai siswa setelah mengikuti kegiatan ekstakurikuler pramuka yang sangat erat kaitannya dengan fungsi eksekutif yang meluputi: (1) fokus; (2) berpikir kritis; (3) disiplin; (4) terstruktur; (5) jujur; (6) teliti; (7) ingatan kuat (8) berani dalam hal positif; (9) sopan; (10) membuka pikiran; (11) toleransi dan menghormati hak orang lain; serta (12) memiliki simpati dan empati kepada sesama.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

diksi

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial dengan e-ISSN: 2809-3593 dan p-ISSN: 2809-3585 merupakan jurnal yang menerbitkan hasil penelitian dan pemikiran pada bidang pendidikan dan sosial kemasyarakatan. Kajian dibidang pendidikan antara lain, kebijakan-kebijakan pendidikan, implementasi pendidikan ...