KOLEKTIF: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran
Vol. 1 No. 2 (2024): December

Integrasi Seni dan Pendidikan dalam Manajemen Pertunjukan Festival Tanjungjaya 2024: Pemantik Desa Wisata untuk Berkesenian dan Berbudaya

Pratiwi, Siti Karenina (Unknown)
Munte, Maria Engelika (Unknown)
Togatorop, Riama Greace Tiodora (Unknown)
Rahman, Sefia Oktaviani Nur (Unknown)
Kasmahidayat, Yuliawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2025

Abstract

Festival Tanjungjaya 2024 dengan tema “Harmonia in Cultura” merupakan inisiatif strategis yang digagas oleh kelompok mahasiswa KKN P2MB Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) untuk mempromosikan Desa Tanjungjaya sebagai desa berbudaya dan berkesenian. Artikel ini membahas strategi manajemen pertunjukan yang diterapkan selama festival berlangsung, meliputi perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi kegiatan. Dengan pendekatan berbasis partisipasi masyarakat, program ini bertujuan untuk memperkuat identitas budaya lokal melalui berbagai pertunjukan seni tradisional dan modern. Penelitian ini menggunakan mix method. Observasi kelompok KKN P2MB selama 78 hari menjadi metode kualitatif karena pada observasi ini tim peneliti (Kelompok KKN P2MB) terjun langsung dalam proses persiapan festival. Kami juga menggunakan metode pendekatan kuantitatif yang dilakukan oleh tim peneliti, yaitu survei hasil kepuasan audiens terhadap festival yang telah dilaksanakan. Hasil menunjukkan bahwa pendekatan kombinasi ini memberikan pemahaman yang komprehensif mengenai efektivitas kegiatan KKN dalam menyelenggarakan festival dan respons audiens terhadap acara tersebut. Kolaborasi antara mahasiswa, masyarakat lokal, dan pemerintah desa berhasil menciptakan festival yang inklusif dan berkelanjutan. Artikel ini menyimpulkan bahwa manajemen pertunjukan yang terstruktur dapat menjadi pemantik transformasi Desa Tanjungjaya menjadi pusat budaya dan seni, sekaligus meningkatkan potensi wisata lokal.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

kolektif

Publisher

Subject

Education

Description

KOLEKTIF: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran merupakan jurnal open-access dan peer-reviewed yang diterbitkan empat (4) kali dalam setahun, yakni pada bulan Maret, Juni, September dan Desember. Isi jurnal dikelola oleh Diskresi Publishing yang berada diterbitkan oleh CV ALFA EDU KARYA. ...