cover
Contact Name
Lanang Riyadi
Contact Email
lanangriyadi@gmail.com
Phone
+6285318182780
Journal Mail Official
kolektifjp3@gmail.com
Editorial Address
Jalan Gerlong Tonggoh Raya No. 6, Gegerkalong, Sukasari, Kota Bandung, Jawa Barat, Indonesia.
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
KOLEKTIF: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran
Published by CV ALFA EDU KARYA
ISSN : 3063637X     EISSN : 30636949     DOI : https://doi.org/10.70078/kolektif.v1i1
Core Subject : Education,
KOLEKTIF: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran merupakan jurnal open-access dan peer-reviewed yang diterbitkan empat (4) kali dalam setahun, yakni pada bulan Maret, Juni, September dan Desember. Isi jurnal dikelola oleh Diskresi Publishing yang berada diterbitkan oleh CV ALFA EDU KARYA. KOLEKTIF: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran hadir untuk memberikan ruang bagi para Akademisi, Peneliti, maupun Praktisi dalam menyalurkan berbagai pengetahuan dan keilmuannya melalui artikel ilmiah yang orisinil; baik yang berasal dari hasil penelitian, pengembangan, serta telaah literatur dalam Pendidikan bidang keilmuannya. KOLEKTIF: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran adalah jurnal ilmiah berkala yang ditujukan untuk mempublikasikan hasil penelitian, pengembangan, dan telaah literatur ilmiah dalam Pendidikan bidang keilmuannya. Jurnal ini mencakup artikel penelitian, ulasan, laporan kasus, artikel konseptual, serta kebijakan, termasuk di antaranya: Filosofi dan Konsep Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran Metode Pengajaran dan Pembelajaran Model Pembelajaran Evaluasi Pembelajaran Teknologi dan Media Pembelajaran Isu-isu terbaru Pendidikan yang berlangsung dalam sektor formal, nonformal, maupun informal.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 31 Documents
Penerapan Metode Total Physical Respon dalam Pembelajaran Bahasa Arab Afiah, Soimatul; Musyafa'ah, Lili
KOLEKTIF: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran Vol. 1 No. 1 (2024): September
Publisher : CV ALFA EDU KARYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70078/kolektif.v1i1.14

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi penerapan metode Total Physical Response (TPR) dalam pembelajaran bahasa Arab di MTs Al Munawwir, dengan fokus pada siswa kelas satu. Metode TPR, yang mengintegrasikan gerakan fisik dengan instruksi verbal, bertujuan untuk meningkatkan pemahaman kosakata dan keterampilan berbicara siswa. Desain eksperimental digunakan dengan melibatkan dua kelompok siswa: satu kelompok menggunakan TPR dan kelompok lainnya menggunakan metode tradisional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan TPR secara signifikan meningkatkan pemahaman bahasa Arab siswa, meningkatkan keterlibatan aktif mereka dalam kelas, dan menciptakan lingkungan belajar yang lebih menyenangkan. Faktor-faktor pendukung dalam implementasi TPR termasuk keterlibatan siswa yang tinggi dan dukungan dari guru, sementara tantangan meliputi keterbatasan waktu dan fasilitas. Rekomendasi untuk peningkatan metode pembelajaran bahasa Arab di MTs mencakup integrasi TPR yang lebih luas dalam kurikulum, pelatihan guru, dan penyesuaian jadwal pelajaran untuk memaksimalkan efektivitas metode ini.
Penerapan Pembelajaran Berbasis Permainan untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Bahasa Arab Rizki, Zaenul; Kastur, Annita
KOLEKTIF: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran Vol. 1 No. 1 (2024): September
Publisher : CV ALFA EDU KARYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70078/kolektif.v1i1.15

Abstract

Penelitian ini berupaya meningkatkan kemampuan komunikasi bahasa Arab melalui penerapan pembelajaran berbasis permainan. Penerapan pembelajaran berbasis permainan di SMA Pelita Harapan menunjukkan dampak signifikan dalam meningkatkan kemampuan komunikasi bahasa Arab siswa. Metode ini memanfaatkan permainan simulasi percakapan, kuis interaktif, dan teka-teki bahasa untuk menciptakan pengalaman belajar yang menarik dan interaktif. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa siswa mengalami peningkatan dalam keterampilan berbicara, pemahaman kosakata, dan tata bahasa. Permainan membantu siswa berlatih bahasa Arab dalam konteks yang lebih realistis, sehingga meningkatkan kepercayaan diri dan akurasi mereka dalam berbahasa. Implikasi dari metode ini adalah bahwa pembelajaran berbasis permainan dapat menjadi alternatif efektif untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar bahasa Arab, dengan menciptakan lingkungan belajar yang lebih dinamis dan relevan.
Optimalisasi Penggunaan Media Pembelajaran 3D dalam Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Arab Naufal, Ilham Muhammad; Aini, Sarah Hajar
KOLEKTIF: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran Vol. 1 No. 1 (2024): September
Publisher : CV ALFA EDU KARYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70078/kolektif.v1i1.16

Abstract

Artikel ini bertujuan mengoptimalisasi penggunaan media pembelajaran 3D dalam pembelajaran kosa kata bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk mengevaluasi efektivitas media 3D dalam meningkatkan pemahaman dan retensi kosa kata. Penggunaan media pembelajaran 3D dalam pengajaran kosa kata bahasa Arab di MTs Miftahul Huda menunjukkan hasil yang signifikan. Temuan menunjukkan bahwa siswa yang menggunakan media 3D menunjukkan peningkatan skor tes dan retensi kosa kata yang lebih baik dibandingkan dengan metode konvensional. Media 3D, dengan representasi visual interaktifnya, memfasilitasi pemahaman yang lebih mendalam dan meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Implikasi dari hasil ini menunjukkan bahwa media 3D dapat menjadi alat yang berharga dalam pembelajaran bahasa Arab, dengan catatan bahwa akses teknologi, pelatihan guru, dan desain media harus diperhatikan.
Meningkatkan Skill Komunikasi Bahasa Arab pada Murid Kelas V SD dengan Metode Seni Peran Chalifah, Lailil; Muid, Faruq Abdul
KOLEKTIF: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran Vol. 1 No. 1 (2024): September
Publisher : CV ALFA EDU KARYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70078/kolektif.v1i1.17

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi bagaimana metode seni peran untuk meningkatkan kemampuan komunikasi bahasa Arab pada murid kelas lima sekolah dasar. Studi dilakukan dengan 40 murid dibagi menjadi kelompok kontrol dan kelompok perlakuan. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam pengucapan kata, kosakata, dan kefasihan berbicara pada kelompok yang mengikuti metode seni peran. Siswa juga merespons positif terhadap metode ini, menunjukkan peningkatan motivasi dan partisipasi aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini mendukung integrasi seni peran sebagai alternatif efektif dalam pembelajaran bahasa Arab di sekolah dasar.
Kemampuan Pengucapan dalam Bahasa Arab Berbasis Dialek Lokal Munir, Misbahul; Hasan, Laili Mas Ulliyah
KOLEKTIF: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran Vol. 1 No. 1 (2024): September
Publisher : CV ALFA EDU KARYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70078/kolektif.v1i1.18

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi bagaimana dialek lokal berperan dalam kemampuan pengucapan Bahasa Arab pada anak usia 8-10 tahun di MI Al-Insan. Fokus utama dari penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana dialek lokal memengaruhi penguasaan fonetik dan intonasi yang diperlukan untuk Bahasa Arab standar. Metode penelitian yang digunakan meliputi evaluasi pengucapan melalui rekaman audio dan video serta wawancara dengan guru dan orang tua. Hasil analisis data menunjukkan bahwa anak-anak yang sering berkomunikasi dalam dialek lokal menghadapi kesulitan dalam menghasilkan bunyi-bunyi spesifik dari Bahasa Arab standar, seperti /q/ dan /ʕ/. Interpretasi hasil mengindikasikan perlunya penyesuaian metode pengajaran yang mempertimbangkan pengaruh dialek lokal. Implikasi dari temuan ini menekankan pentingnya pendekatan adaptif dalam pengajaran Bahasa Arab dan penggunaan teknologi untuk meningkatkan kemampuan pengucapan anak-anak.
Hubungan Kecerdasan Interpersonal dengan Hasil Belajar Siswa pada Muatan Pelajaran IPS Kelas IV SD Nurjaman, Diman; Pratiwi, Anggia Suci; Sunanih, Sunanih
KOLEKTIF: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran Vol. 1 No. 1 (2024): September
Publisher : CV ALFA EDU KARYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70078/kolektif.v1i1.25

Abstract

Studi ini bertujuan untuk menginvestigasi hubungan antara kecerdasan interpersonal dan hasil belajar siswa kelas 4 SD, dengan fokus pada tantangan sosial yang dihadapi siswa, seperti rendahnya hubungan sosial, kurangnya empati, dan konflik antar teman. Judul penelitian ini adalah "Hubungan antara Kecerdasan Interpersonal dan Hasil Belajar Siswa dalam Pelajaran IPS Kelas IV SD". Penelitian ini melibatkan 21 siswa kelas 4 SD dan menggunakan analisis korelasi dengan nilai 0,644, yang menunjukkan hubungan yang kuat. Data distribusi menunjukkan normalitas dengan nilai sig = 0,200 (α = 0,05). Metode analisis meliputi regresi linear sederhana dan uji-t. Hasil studi menunjukkan sensitivitas sosial dengan proporsi tinggi di 11,9%, kelas menengah 16%, dan kelas rendah 6,4%. Wawasan sosial juga tinggi di 13,9%, rata-rata 18%, dan rendah 67%. Kredibilitas lalu lintas sosial menunjukkan tingkat tinggi 7,9%, rata-rata 15,4%, dan rendah 3,8%. Temuan ini mengonfirmasi adanya hubungan positif dan signifikan antara kecerdasan interpersonal dan hasil belajar IPS, sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak.
Sinergi Orang Tua dan Guru dalam Mengoptimalkan Perkembangan Musikal Anak: Sebuah Tinjauan Literatur Fauziyyah, Nida Ghaida; Sukmayadi, Yudi
KOLEKTIF: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran Vol. 1 No. 1 (2024): September
Publisher : CV ALFA EDU KARYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70078/kolektif.v1i1.26

Abstract

Penelitian ini mengkaji peran orang tua dan guru dalam pendidikan musik anak, dengan latar belakang bahwa kolaborasi antara kedua pihak ini sangat penting untuk mendukung perkembangan musikal anak secara optimal. Tujuan penelitian adalah untuk memahami bagaimana dukungan emosional dan finansial dari orang tua, serta bimbingan teknis dan teoritis dari guru, memengaruhi keberhasilan anak dalam belajar musik. Metode yang digunakan adalah tinjauan literatur dari berbagai studi yang relevan dalam 10 tahun terakhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dukungan orang tua dan pengajaran guru yang efektif saling melengkapi, menciptakan lingkungan belajar yang kondusif bagi anak. Kolaborasi yang baik antara orang tua dan guru tidak hanya meningkatkan keterampilan musikal anak, tetapi juga memperkuat motivasi, kepercayaan diri, dan kesejahteraan emosional mereka. Kesimpulannya, kolaborasi yang efektif antara orang tua dan guru adalah kunci untuk mengoptimalkan potensi musikal anak, dengan rekomendasi untuk mengembangkan program-program yang mendorong partisipasi aktif orang tua dan memperbaiki komunikasi antara kedua belah pihak.
Pengembangan Media Pembelajaran Titi Laras untuk Materi Pengenalan Tangga Nada Kelas V SD Zulfikar, Zaky; Hendrawan, Budi
KOLEKTIF: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran Vol. 1 No. 1 (2024): September
Publisher : CV ALFA EDU KARYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70078/kolektif.v1i1.27

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Titi Laras yang efektif dan layak digunakan dalam pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBdP), khususnya pada materi pengenalan tangga nada. Pengembangan media ini dilatarbelakangi oleh masalah yang dihadapi oleh SDN Puspasari, yaitu kurangnya penggunaan media pembelajaran dalam materi tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan data kualitatif dan kuantitatif. Langkah-langkah penelitian meliputi perencanaan dan pembuatan prototipe awal, serta pengumpulan informasi melalui penelitian lapangan. Uji coba awal dilakukan di rumah dengan melibatkan 5 siswa dari kelas V SD, yang menunjukkan skor rata-rata 3,75, mengindikasikan kategori "Sangat Baik". Uji coba kelompok besar juga dilaksanakan di rumah dengan melibatkan 10 siswa dari kelas V SD, dan memperoleh skor rata-rata 3,76, yang juga masuk dalam kategori "Sangat Baik". Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran Titi Laras memiliki kualitas yang sangat baik untuk digunakan dalam pembelajaran SBdP.
Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri dalam Improvisasi Gitar Jazz: Upaya Meningkatkan Kreativitas dan Berpikir Kritis Kusuma, Adel Sulaiman; Karwati, Uus
KOLEKTIF: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran Vol. 1 No. 1 (2024): September
Publisher : CV ALFA EDU KARYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70078/kolektif.v1i1.28

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa dalam pembelajaran improvisasi gitar jazz, khususnya dalam penerapan teknik brokenchord. Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa di mata kuliah gitar elementer. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif, melibatkan observasi, wawancara, dan analisis hasil evaluasi mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Inkuiri secara signifikan meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa, terutama dalam hal merumuskan masalah, memberikan argumen, melakukan deduksi dan induksi, serta mengevaluasi. Mahasiswa menunjukkan pemahaman yang lebih mendalam terhadap konsep improvisasi gitar jazz dan mampu menerapkannya dengan lebih kreatif dan reflektif. Kesimpulannya, Model Pembelajaran Inkuiri efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa, menjadikannya metode yang dapat direkomendasikan untuk diterapkan lebih luas dalam pembelajaran musik, khususnya dalam konteks pengembangan keterampilan improvisasi.
Strategi Pembelajaran Inovatif dalam Pendidikan Inklusif di Sekolah Dasar Mellymayanti, Hani; Nurfadhillah, Septy; Nuraeni, Yeni
KOLEKTIF: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran Vol. 1 No. 1 (2024): September
Publisher : CV ALFA EDU KARYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.70078/kolektif.v1i1.29

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tantangan dalam implementasi pendidikan inklusif di SD Negeri Karawaci 3 Kota Tangerang, yang mengharuskan penyesuaian strategi pembelajaran untuk siswa dengan kebutuhan khusus. Tujuan penelitian adalah untuk mengevaluasi efektivitas strategi pembelajaran inovatif dalam konteks pendidikan inklusif. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan observasi dan wawancara mendalam terhadap guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi scaffolding, yang melibatkan penyesuaian individu dan penyediaan waktu khusus bagi siswa ABK, secara signifikan meningkatkan keterlibatan dan harga diri siswa. Metode ini memungkinkan siswa ABK untuk mengejar ketertinggalan mereka melalui bimbingan khusus dan partisipasi aktif dalam aktivitas pembelajaran. Pembahasan dominan menekankan pentingnya keterlibatan langsung siswa dalam pembelajaran dan penyesuaian materi sesuai dengan kebutuhan spesifik mereka. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa strategi pembelajaran inovatif yang adaptif dan individual dapat meningkatkan kualitas pendidikan inklusif, namun memerlukan pelatihan berkelanjutan bagi guru dan evaluasi yang mendalam untuk mencapai hasil optimal.

Page 1 of 4 | Total Record : 31