Loyalitas pelanggan adalah komitmen pelanggan terhadap suatu merk, toko, atau pemasok yang terlihat dalam perilaku pembelian ulang. Terdapat beberapa faktor yang dapat membentuk loyalitas pelanggan, diantaranya adalah harga dan kualitas pelayanan. Adapun tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh harga dan kualitas pelayanan baik secara parsial maupun simultan terhadap loyalitas pelanggan pada Toko Permasi Textile Gampong Baru Banda Aceh. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pelanggan yang pernah melakukan pembelian secara berkala pada Toko Permasi Textile Gampong Baru Banda Aceh dengan syarat minimal pembelian yaitu 2 kali. Adapun sampel yang digunakan sebesar 30 responden dan teknik yang digunakan yaitu non probability sampling. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda, uji signifikansi, dan uji determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel harga tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan, sedangkan variabel kualitas pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Secara simultan menunjukkan bahwa harga dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada Toko Permasi Gampong Baru Banda Aceh. Adapun hasil dengan pengujian determinasi diketahui sebesar 57% loyalitas pelanggan dipengaruhi oleh harga dan kualitas pelayanan sedangkan sisanya sebesar 43% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan pada penelitian ini.
Copyrights © 2022