Penelitian ini menyelidiki peran psikologi organisasi dalam meningkatkan kepuasan kerja dan loyalitas karyawan pada perusahaan multinasional. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, data dikumpulkan dari 112 karyawan melalui kuesioner terstruktur dengan skala Likert 1-5. Structural Equation Modeling-Partial Least Squares (SEM-PLS 3) digunakan untuk menganalisis hubungan antara praktik psikologi organisasi, kepuasan kerja, dan loyalitas karyawan. Temuan menunjukkan bahwa psikologi organisasi secara signifikan mempengaruhi kepuasan kerja, yang pada gilirannya secara kuat memprediksi loyalitas karyawan. Selain itu, psikologi organisasi secara tidak langsung berdampak pada loyalitas karyawan melalui pengaruhnya terhadap kepuasan kerja. Hasil ini menggarisbawahi pentingnya dukungan kepemimpinan, komunikasi yang efektif, dan program pengembangan karyawan dalam membina tenaga kerja yang loyal dan puas. Studi ini memberikan wawasan yang dapat ditindaklanjuti bagi perusahaan multinasional untuk mengoptimalkan strategi sumber daya manusia mereka dan mencapai keunggulan kompetitif dalam lingkungan bisnis global.
Copyrights © 2024